Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Hasil Puasa Harus Diaplikasikan Dalam Kehidupan Setiap Hari

Dari Sholat Id di perumahan Doyo Grand Sentani

SENTANI –Hasil puasa yang dilakukan selama satu bulan penuh oleh umat Muslim di Kabupaten Jayapura khusunya umat Muslim di Perumahan Doyo Grand, harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian disampaikan Ustad Hasim Utina, S. Ag, MH dalam khotbah nya saat menghadiri Sholat Id bersama dengan umat Muslim Doyo Grand di lapangan tempat pencucian mobil Doyo Grand, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (15/6/18) pagi.

Ustad Utina menekankan bulan puasa merupakan bulan pendidikan bagi umat muslim untuk melakukan hal baik sesuai dengan ajaran Nabi Muhamad.

Sehingga kata Ustads, semua yang telah dilakukan di bulan suci rahmadan haru berkelanjutan.

“Jadi, harus dipalikasikan sehari-hari sampai akhir hayat atau sampai maut menjemput kita. Sebab, untuk mendapatkan tempat yang layak di sorga harus dilandasi dengan amal perbuatan kita didunia. Maka itu, teruslah melakukan hal baik seperti yang kita lakukan dibulan puasa,”seruhnya.

Menurut Ustad, sebenarnya manusia adalah makluk terhormat dari makluk lainnya yang diciptakan Allah.

“Namun dalam perjalanan hidup, kadang kita terjerumus dengan rayuan setan. Akhirnya kita melakukan hal-hal yang bertentangan dengan perintah yang sudah digariskan oleh Allah dalam alquran. Nah momentum ramadhan ini tentu merupakan kesempatan yang baik buat kita orang islam karena Allah membuka pintu rahmat ampunan dibulan suci ini. Jika dulu kita adalah orang yang tidak baik, mari kita kembalikan diri kita menjadi orang yang baik dan terhormat dihadapan Allah,”ajaknya.

Dijelaskan, jika hasil Rahmadan ini dapat kita hayati dengan baik, pasti kita akan menjadi pribadi yang baik sesuai dengan ajaran Allah.

“Karena apa?karena proses ibadah dan perbuatan yang kita lakukan meresap hingga akhir rahmadan sehingga semua yang telah kita lakukan dibulan puasa harus terus berkelanjutan sampai maut menjemput kita,”pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Sholat Id Perumahan Doyo Grand, Saiful Bakrie, S. Pd, mengatakan sholat id ini untuk mempererat talisilahturahmi serta kebersamaan antar sesama umat muslim di Perumahan Doyo Grand.

“Alhamdulillah umat muslim di Perumahan Doyo Grand ini sangat antusias ingin mengadakan sholat id. Dimana juga seluruh dana yang kita gunakan untuk mengadakan Sholat Id ini berasal dari warga,”katanya.

Namun lanjut Saiful, ada sedikit kegelisahan yang dirasakan oleh umat muslim di Perumahan Doyo Grand karena sampai saat ini belum memiliki masjid.

Ia menuturkan, dari pihak Devloper sudah memberikan lokasi atau tempat untuk dibangun Masjid tetapi lokasih nya juga berada dibelakang bukan di depan sedangkan warga menginginkan agar lokasih pembangunan masjid dipindahkan kedepan.

“Maka itu kalau bisa, pemerintah dapat melihat hal ini serta membantu kami sehingga kami bisa memiliki tempat untuk beribadah dan kalau bisa untuk lokasinya, dipindahkan kedepan supaya Masjid itu bukan hanya digunakan oleh kami tapi juga digunakan oleh masyarakat lainnya yang lewat depan Perumahan Doyo Grand. Karena semakin banyak orang yang singgah, maka semakin banyak pula amal ibadah yang kami dapatkan. Mungkin itu saja yang saya sampaikan,”harapnya.