Pasific Pos.com
Headline

Hasil Kajian Uncen Terkait Otsus, DOB dan KKR

Hasil Kajian Uncen Terkait Otsus
Asisten II Sekda Papua, M. Musa’ad

JAYAPURA – Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura memaparkan HasiL kajian tiga hal penting yakni rencana pemekaran Provinsi Papua, Otsus dan pembentukan komisi kebenaran dan rekonsoliasi (KKR) kepada Pemerintah Provinsi Papua.

Rapat yang berlangsung di Sasana Karya Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Selasa, (28/7/2020) dipimpin langsung Asisten II Sekda Papua, M. Musa’ad, dihadiri kepala OPD dan Akademisi dari Universitas Cenderawasih.

Asisten II Sekda Papua, M. Musaad mengatakan, audiensi dengan akademisi Uncen merupakan perintah dari bapak Gubernur Papua kepada Uncen untuk melakukan kajian terhadap tiga hal.

Pertama rencana pemakaran Provinsi Papua menjadi beberapa Otonomi Daerah (Otda). Kedua berkaitan dengan Otsus yang akan segera berkahir, Ketiga pembentukan komisi kebenaran dan rekonsoliasi.

Jadi, hasil kajian terkait tiga hal tersebut disampaikan oleh Uncen kepada pemerintah. Dalam pembahasan itu, Profesor Balthasar Kambuaya sebagai guru besar di Uncen sekaligus memberikan pencerahan kepada pimpinan SKPD, staf ahli dan pejabat fungsional. Dimana, ada point penting yang disampaikan bahwa Otsus itu perjuangan Papua.

Dimana, otsus itu bukan pemberian Jakarta, tapi otsus itu perjuangan yang dilakukan oleh komponen-komponen yang ada di Papua.

Oleh karena itu, kata Musaad, jika dilakukan revisi undang-undang Otsus, maka semua pasal harus diperbaharui.

Diakuinya, ada sejumlah kendala yang dihadapi dalam mengimplemantasikannya, kita tahu undang-undang dirancang dalam satu Papua, sekarang sudah ada dua propinsi, UU ini harus diubah demi kepentingan masyarakat Papua.

“Ada banyak peraturan perundang-undangan yang tidak sinkron dan terkadang kontradiktif dengan undang-undang Otsus. Sudah pasti UU Otsus yg dikalahkan oleh UU lain. UU Otsus Provinsi Papua harus diberi kewenangan khusus, juga harus diperjelas. karen ada kewenangan pusat,” ujarnya.

Artikel Terkait

Legislator Papua Minta Massa Tolak Otsus yang Ditahan di Nabire Dibebaskan

Tiara

Yans Mallo : Otsus Perlu Dilanjutkan dan Dievaluasi agar tepat sasaran

Jems

Ini Suara Masyarakat Perbatasan Tentang Otsus

Jems

Banyak Dukungan Otsus Berlanjut Untuk Kesejahteraan

Jems

Yunus Wonda : Ada Persoalan Hakiki Yang Harus Diselesaikan Antara Rakyat Papua dan Pempus

Tiara

Legislator Papua Ingatkan, Berbicara Tentang Otsus Harus Hati-Hati

Tiara

Hasil Kajian Otsus Diserahkan ke Gubernur

Bams

Masyarakat Adat Dukung Otsus

Ridwan

Tokoh Masyarakat Terus dukung Otsus

Ridwan