Pasific Pos.com
Papua Barat

Hasil Dialog Kebangsaan Lintas Agama Akan Dipubliskan

Manokwari, TP – Pelaksanaan dialog kebangsaan lintas Agama di Provinsi Papua Barat tahun 2019 bertemakan “Membumikan Toleransi, Melangitkan Perbedaan dan Papua Barat sebagai Rumah Kebihnekaan,” telah ‘melahirkan’ kesepakatan bersama yang akan segera ditindaklanjuti tahun 2020 mendatang.

Kepala Biro Bina Mental Spiritual dan Kesejahteraan Rakyat, Setda Papua Barat mengatakan, kesepakatan yang telah disepakati diantaranya.

Sebut Indouw, kesepatakan untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) lalu, kesepakatan untuk berpartisipasi secara bersama-sama dalam perayaan hari-hari besar keagamaan di Provinsi Papua Barat.

Kemudian, lanjut dia, kesepakatan untuk terus menjaga dan memeliharaan kerukunan antar umat beragama dan seluruh elemen masyarakat di Papua Barat sebagai persyaratan untuk penciptaan atau perwujudan Papua Barat yang aman, bermartabat, dan sejahteraan.

“Kesepakatan ini harus dapat ‘dibumikan’ toleransi diseluruh wilayah Papua Barat dan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dan tokoh-tokoh lintas agama saja tetapi harus dilakukan oleh semua elemen masyarakat.

Karena benih kerukunangan ini harus dibawakan dan ditanamkan diseluruh elemen masyarakat di Papua Barat serta ditumbuh kembangkan agar kerukunan itu dapat menghasilkan sesuatu yang baik bagi keberlangsung pembangunan di Papua Barat,” kata Indouw kepada tabura pos di Swissbel Hotel, Manokwari, Kamis (5/12).

Tokoh Muda Intelektual asal Suku Arfak ini menambahkan bahwa, kesepakatan bersama tokoh-tokoh antar umat beragama ini akan diperbanyak dan dipajang di setiap kantor pemerintahan, lembaga keagamaan maupun di papan-papan reklame.

Dengan tujuan, kata Indouw, untuk mengajak seluruh elemen bangsa yang ada di Papua Barat untuk menjalankan kesepakatan tersebut. Sebab, banyak hal yang akan dikerjakan seluruh agama di Papua Barat guna untuk mengakui, menghargai dan menghormati eksistensi dari setiap agama yang ada di Papua Barat, tandasnya. [FSM]