Pasific Pos.com
Papua Barat

Hari ke 3 Pendaftaran, Belum Ada Parpol Mengajukan Berkas Calegnya

Manokwari TP, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari mengaku pihaknya sebagai penyelenggara pemeilihan calon Legislatif (CALEG) 2019 sudah siap.

Sekertaris Komisi Pemlihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari  Drs. Rustam Efendi  mengatakan jika pendaftaran Caleg sudah berjalan sejak tanggal 04 juli sampai dengan tanggal 17 juli 2018.

Dikatakan Rustam, untuk tanggal 04 Juli sampai dengan 16 Juli, pendaftaran dimulai dari pukul 08.00-16.00 WIT, sedangan untuk tanggal 17 juli mulai dari pukul 08.00-24.00 WIT.

Rustam menekanan, pendaftran Caleg tidak dipungut biaya adapun  hal-hal diluar kewenangan KPU, pihaknya tidak mengetahui hal itu karena untuk kelengkapan berkas itu urusan caleg dengan parpol masing-masing.

Rustam menerangkan, hingga waktu pendaftaran dibuka,  belum ada partai yang secara resmi mengajukan bacalegnya kepada KPU untuk melakukan  pendaftaran.

Meksi begitu,  sudah ada beberapa partai yang datang berkonsultasi berhubungan dengan berkas pencalonan diantaranya, Partai PKB, PBB, Demokrat, Garuda,dan  Perindo.

“Berdasarkan informasi yang ada, kemungkinan Partai Garuda tanggal 09 sudah siap untuk mengajukan berkas,” kata Rustam saat ditemui Tabura Pos di kantornya, Jumat (6/70.

Rustam menerangkan, jika sekarang adalah bagaimana caranya pengurus partai politik dalam memproses kelengkapan berkas calonnya masing-masing.

 “Karena saat ini yang kami ketahui ada terkendala dimasalah siron (sistem ormasi pencalonan), kemungkina karena penggunaan jaringan internet,”ungkap Rustam.

Rustam menegaskan, kendala saat ini memang terkait masalah tekhnis, dimana ada sekitar 16 partai politik yang tersebar di 34 Provinsi dan 511 Kabupaten dan kota,

“Disaat bersamaan kemungkinan operator siron partai politik meng-upload atau menggunakan internet dalam menyampaikan form persyaratan yang harus di berikan nanti kepada KPU pada saat pendaftaran, “jelas Rustam.

Rustam menambahkan, telah berkomunikasi dengan operator ataupun dengan pengambil keputusan kebijakan di KPURI terkait  masalah yang dihadapi di daerah.

Menurut Rustam, kendala tersebut sangat wajar, namun harus cepat diatasi agar tidak menjadi masalah dengan batas waktu yang ditentukan.

Lanjut Rustam, KPU sebagai penyelenggara akan melakukan upaya maksimal dalam mengsukseskan pemilu 2019.

“Setiap tahapan dilakukan sesuai waktu yang telah ditetapkan. saat ini akan terus melakukan sosialisai kepada masyarakat melalui KPURI, Provinsi maupun Kabupaten dan kota, baik melalui media cetak, elektronik maupun media sosial lainnya,” jelanya Rustam.

Rustam menegaskan, mengacu pada pemilu kemarin partisipasi pemilih di 117 daerah sementara di ketahui  sebesar 73%, khusus untuk Manokwari di ketahui sebesar 80% dan belum pernah dibawah 75%.

“Diharapkan mengalami peningkatan serta tidak adanya berita yang dapat mengganggu jalannya tahapan sehingga ada ketidakpuasan dari caleg ataupun Parpol tertentu. Semoga hal itu dapat ditepis dan bersikap dewasa dalam menikamati penyelenggaraan pesta demokrasi pemilu 2019,” tandas Rustam. (CR – 51)