Pasific Pos.com
Headline

Hari Ini, Penambahan 30 Kasus Covid-19 di Papua

Penambahan 30 Kasus Covid-19 di Papua
Info grafis Covid-19 Papua. update 2 Mei 2020

JAYAPURA – Jumlah kasus positif virus corona atau Covid-19 Papua terus naik. Data Satgass Covid-19 Papua mencatat ada penambahan 30 kasus infeksi virus corona baru untuk hari ini, Sabtu (2/5/2020).

Bersarakan data yang dikumpulkan hingga pukul 17.00 Wit oleh tim Satgas Covid-19 Provinsi Papua, terjadi penambahan 30 kasus baru. Dengan demikian, jumlah kasus virus corona atau Covid-19 di Provinsi Papua menjadi 240 kasus dengan jumlah pasien yang masih dirawat 174 orang.

“Penambahan 30 kasus baru ini berasal dari Kabupaten Mimika sebanyak 20 orang dan Kota Jayapura 10 orang,” ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule, dalam keterangan persnya, Sabtu malam.

Sementara pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 59 orang dan meninggal sebanyak 7 orang. Sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 2.275 dengan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 310 dan pemeriksaan PCR sebanyak 1.252 sampel.

Adapun kabupaten/kota yang berdampak Covid-19 adalah, Kabupaten Mimika sebanyak 87 kasus positif, 71 orang dalam perawatan, 13 orang dinyatakan sembuh dan 3 orang meninggal dunia.

Kota Jayapura 54 pasien positif dengan 31 orang dirawat. Kemudian pasien sembuh di Kota Jayapura sebanyak 20 orang dan meninggal sebanyak 3 orang.

Kabupaten Jayapura 36 pasien positif, 25 orang dirawat, 10 orang dinyatakan sembuh dan 1 orang meninggal dunia.

Kabupaten Nabire 16 kasus positif dan semuanya dalam perawatan. Kabupaten Merauke, 13 kasus positif, 5 masih dalam perawatan dan 8 dinyatakan sembuh.

Kabupaten Biak Numfor 11 kasus dan kesemuanya sementara dalam perawatan. Kabupaten Keerom jumlah positif 10 kasus positif, dimana 8 orang sedang dalam perawatan dan 2 orang sudah dinyatakan sembuh.

Kabupaten Sarmi 4 pasien positif dimana 1 orang dirawat dan 3 orang sudah dinyatakan sembuh. Kabupaten Jayawijaya terdapat 3 kasus dan 1 dirawat sembuh 2, Kabupaten Mamberamo Tengah ada 2 kasus dan 1 dirawat dan 1 sembuh.

Kabupaten Boven Digoel 2 kasus dan dirawat di RSUD Merauke. Kabupaten Supiori juga ditemukan 2 kasus positif dan semunya saat ini sudah ditujuk ke RS Biak Numfor.

dr. Sumule memaparkan, untuk jumlah PDP sebelumnya, 2 Mei 2020 sebanyak 240 orang, maka hari ini meningkat menjadi 310 atau bertambah 70 orang. Sementara ODP sebelumnya, 2.068 maka hari meningkat menjadi 2.275 atau bertamah 270 kasus.

“Angka- angka ini menujukan kita masih harus bekerja keras menyelesaikan persoalan Covid-19 di bumi Cenderawasih,” ujarnya

Menurutnya, tim medis dan satgas Covid bekerja keras sedini mungkin untuk menemukan kasus-kasus baru, petugas kesehatan yang ada di tingkat provinsi dan kabupaten/kota telah menjalankan fungsi surfelens dengan menemukan kasus sedini mungkin.

“Meningkatnya angka kesembuhan menunjukan bahwa petugas mampu menemukan kasus sedini mungkin dan langsung memberikan ritmen, stagnannya angka kematina pasien corona, menunjukan petugas kesehatan di rumah sakit berupaya menangani pasien dengan baik, sehingga pemerintah memberikan apresiasi yang sangat besar kepada petugas kesehatan di seluruh Papua,” katanya.

Selain itu, dr. Sumule menyatakan angka pasitif Covid-19 yang terus menunjukkan tren meningkat menuntut kerja sama dan kerja keras seluruh masyarakat Papua.

Masyarakat yang berada di garda depan tentu juga harus didukung Pemerintah dengan mengikuti arahan pemerintah dalam melakukan pencegahan agar penularan wabah Covid-19 tidak makin meluas.

“Masyarakat harus mengikuti arahan pemerintah, salah satunya lewat penerapan social distancing, hindari keramaian, benar-benar berdiam di rumah dan bentuk pencegahan lain yang sudah dianjurkan,” tutupnya.

Artikel Terkait

ID Card Bebas Covid Palsu Beredar Di Pasar Youtefa

Fani

Ini Penyebab Pemkot Jayapura Kembali Tutup Pasar Youtefa

Zulkifli

Angka Kesembuhan Covid-19 di Papua Terus Meningkat

Bams

Sumule : Wabah Corona Belum Berkahir, Pemda Diminta Lebih Waspada

Bams

84 Tenaga Medis Dok II Jayapura Positif Corona

Bams

Pemkot Jayapura Serahkan Bantuan Sembako Tahap II

Fani

Papua luncurkan RT/RW Tangguh COVID-19

Bams

Menkes : Papua Hebat, Mampu Tekan Angka Kematian Akibat Covid-19

Bams

Doni Monardo Bangga Dengan Klub Persipura

Bams