Pasific Pos.com
Papua Tengah

Hari Ini KPU Paniai Pleno Penetapan Paslon ?

NABIRE – Soal berapa banyak pasangan calon (Paslon) yang akan berkompetisi pada Pilkada Kabupaten Paniai tahun 2018, sepertinya sudah menemui titik terang. Informasi yang diterima media ini dari dalam lingkungan KPU Paniai, disebutkan Kamis (7/6) hari ini akan dilakukan rapat pleno penyampaian hasil sengketa dan putusan akhir calon tetap Pilkada Paniai tahun 2018. Menurut rencana, rapat pleno akan digelar di aula Kantor KPU Paniai di Madi.

Data yang dihimpun media ini, Rabu (6/6) dilakukan penyampaian aspirasi oleh massa simpatisan Paslon Yulius Kayame-Martinus Keiya di Kantor KPU Paniai. Dalam aksinya, massa meminta KPU Paniai untuk mengakomodir Paslon Yulius Kayame – Martinus Keiya pada Pilkada Paniai tahun 2018 sesuai hasil PTTUN Makassar.

Paslon Yulius Kayame – Martinus Keiya mendatangi Kantor KPU Paniai dan sempat bertemu dengan sejumlah Komisioner KPU Paniai. Belum diketahui pasti apa hasil pertemuan tersebut. Setelah pertemuan, Paslon Yulius Kayame – Martinus Keiya dan team suksesnya keluar dari ruangan dan menyampaikan hasil pertemuan kepada massa pendukungnya yang telah menunggu di luar Kantor KPU Paniai kemudian massa pendukungnya membubarkan diri dengan tertib dan kembali ke kediaman Paslon Yulius Kayame.

Informasi dari KPU Paniai, rapat pleno penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Paniai yang akan dilaksanakan pada Kamis (7/6) hari ini, KPU Paniai akan memutuskan sesuai dengan aturan dan bukti-bukti atau fakta hukum yang ada.
Sebelumnya juga sempat ada informasi jika selama ini KPU Paniai telah berupaya secara maksimal dan berkoordinasi dengan KPU Provinsi dan Pusat untuk mengakomodir surat kesepakatan 6 Paslon untuk lolos sebagai peserta Pilkada Paniai tahun 2018. Namun menurut informasi, KPU Provinsi dan Pusat menyampaikan bahwa surat pernyataan tersebut tidak dapat diakomodir karena surat pernyataan tersebut tidak bisa dijadikan dasar hukum untuk menetapkan keenam Paslon. (ros/ist)