Pasific Pos.com
Papua Tengah

Hari Ini, KPU Akan Umumkan Hasil Verifikasi

NABIRE – Hari ini, Jumat (2/2), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nabire akan mengumumkan hasil verifikasi terhadap Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019 mendatang. Usai pengumuman, Parpol yang masih ada perbaikan, akan diberikan kesempatan untuk perbaikan selama 3 hari yakni (3-5 Februari).

Pengumuman hasil verifikasi tersebut belum final. Karena, masih tahapan lagi sebelum KPU menuangkan hasil verifikasi dalam berita acara untuk tingkat kabupaten. Sedikitnya, masih harus bersabar selama sepekan.

Ketua KPU Kabupaten Nabire, Nelius Agapa saat dihubungi media ini, Kamis (1/2) mengatakan sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2018 perubahan atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Jadwal Pelaksanaan Pemilihan Umum, penyelesaian atas verifikasi faktual Parpol calon peserta Pileg 2019, penyelesaian verifikai faktual tanggal 2 Februari. Oleh karena itu, KPU Nabire akan mengumumkan hasil verifikasi Parpol calon peserta Pileg 2019 di Kabupaten Nabire, hari ini.

Agapa menambahkan, sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2018, Parpol diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikannya hasil verifikasi faktual sejak tanggal 3 hingga 5 Februari mendatang. Hasil perbaikan dari verifikasi faktual yang dilaksanakan selama 3 hari lalu, KPU akan kembali verifikasi terhadap perbaikan kekurangan.

Ketua KPU, Apaga menjelaskan, KPU akan memverifakasi hasil perbaikan verifikasi faktual oleh Parpol pada tanggal 6 Februari mendatang. Hasil verifikasi faktual Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Parpol calon peserta Pileg di Kabupaten Nabire akan dituangkan di dalam berita acara hasil verifikasi faktual partai di Kabupaten Nabire.

Agapa mengatakan, sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2018, KPU di kabupaten/kota menuangkan hasil verifikasi faktual dalam berita acara antara tanggal 7 dan 8 Februari. Oleh karena, final hasil verifikasi factual Parpol di Kabupaten Nabire akan diumumkan antara 7 atau 8 Februari mendatang.(ans)