Pasific Pos.com
Papua Barat

Hari Ini, Gubernur, Bupati dan DPRD Maybrat Bahas Perdamaian Adat

Manokwari, TP – Rencanya penyelesaian konflik penetapan Ibu Kota Kabupaten Maybrat melalui perdamaian adat yang sebelumnya sudah ditetapkan pada tanggal 21 Juli 2018, hari ini (9 Juli 2018) kembali di bahas oleh bersama antara Gubernur Papua Barat, Bupati Maybrat dan DPRP Kabupaten Maybrat di Ruang kerja lantai V, Kantor Gubernur Papua Barat.

Hal ini diungkapkan, Gubernur Papua Barat. Dominggus Mandacan kepada para wartawan usai mengikuti perlombaan menembak di Mako Brimob Polda Papua Barat, Sabtu (7/7).

“Jajaran Pemerintahan Kabupaten Maybrat, kita panggil semua untuk menyampaikan jadwal penyelesaian adat yang sebelumnya sudah kita bahas bersama dengan Forkopimda Papua Barat,” ucap Gubernur.

Sehingga, lanjut dia, kegiatan yang sudah ditetapkan dapat dipersiapkan dengan baik jajaran Pemerintah Kabupaten Mayrat, supaya nantinya acara bisa berjalan aman dan lancar tanpa menimbulkan persoalan baru.

Menurut Gubernur, Pemprov Papua Barat juga akan segera menyurat ke Menterian dalam negeri (Mendagri) untuk menyampaikan rencana yang sudah dibahas di daerah.

Disinggung mengenai adanya penolakan DPRD Kabupaten Maybrat atas kedatangan Mendagri, Gubernur menegaskan, tidak boleh ada yang menolak-menolak, keputusan harus tetap berjalan.

Terkait pengamanan, Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol. Rudolf Alberth Rodja mengatakan, jika Mendagri bersedia hadir pada kegiatan dimaksud, maka H min 3, anggota Polri Polda Papua Barat akan digeser ke Kabupaten Maybrat.

“Tapi nanti baru kita atur bersama dengan jajaran Kodam XVIII/Kasuari biar bersinergi,” tandas Kapolda. [BOM]