Pasific Pos.com
Papua Selatan

Harga Di Pasaran Masih Normal

MERAUKE,ARAFURA,-Berdasarkan hasil pemantuan harga di lapangan yang telah dilakukan oleh pihak Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Merauke, sejauh ini harga yang berlaku di pasaran masih dikategorikan normal. Namun untuk wilayah-wilayah tertentu harga sedikit mengalami kenaikan karena dipengaruhi oleh ongkos transportasi dan jarak tempat yang sangat jauh dari kota. Menurut Kepala Disperindagkop Kabupaten Merauke, Urbanus A.Kaize, harga yang mengalami kenaikan lebih condong di daerah-daerah pinggiran namun pihak pemerintah tetap memantau agar harga yang berlaku tidak terlalu tinggi.

Dalam hal ini kestabilan harga tetap harus dijaga sehingga tidak memberatkan konsumen. “Pasalnya jika sampai terjadi kekosongan stok dan hanya ada distributor atau UD tertentu saja yang menjual maka harga dikuatirkan bisa melonjak tajam. Namun pemerintah akan tetap memantau agar tidak terjadi permainan harga,”jelasnya kepada wartawan di Kantor Bupati belum lama ini. Lebih lanjut ia mengungkapkan, untuk masalah transportasi akan diupayakan agar tetap berjalan lancar khususnya untuk kapal-kapal kargo sehingga barang yang dibawah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat senantiasa tersedia.

Adapun jenis kebutuhan yang harus selalu diawasi adalah kebutuhan pokok masyarakat, seperti sembako karena merupakan kebutuhan dasar. Seperti halnya saat terjadi kekosongan gula maka harga yang berlaku akan sangat berubah dan masyarakat mengeluhkan soal ini. selain memantau kestabilan harga, pihak dinas juga memantau barang-barang yang beredar agar tidak ditemukan lagi yang sudah kadaluarsa. Sebab barang kadaluarsa akan sangat membahayakan bagi kesehatan dan untuk mencegah hal ini maka tim akan rutin turun ke toko-toko dan tempat-tempat berjualan lainnya dalam waktu 2 atau 3 bulan sekali.