Pasific Pos.com
Olahraga

Hamadi Juara Pertama Lomba Dayung Tradisional

Hamadi Juara

Jayapura – Tim dayung dari Hamadi Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura tampil sebagai juara Lomba Dayung Tradisional dalam rangka memperingati HUT RI ke 75.

Tim dayung Hamadi Pasar merebut juara di nomor Ganda Mix Campura, sedangkan juara II direbut tim dayung kampung baru, juara III bersama diraih oleh tim dayung Mandala dan Dok IX kali Kota Jayapura.

Sementara di nomor ganda mix beregu, juara I direbut tim dayung Hamdai Pasar A, juara II tim dayung Pasar Inpres, juara III bersama diraih oleh tim dayung Hamadi Borero dan Kampung Baru.

Lomba dayung tradisional tersebut berlangsung di pantai Dok II Jayapura, depan kantor Gubernur Papua, memperebutkan piala Komite Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Papua, diikuti 106 peserta yang berasal dari Kota Jayapura.

Pertandingan dibuka langsung oleh Sekretaris KSBN Papua, Richard Waromi. Bahkan, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat kota port Numbay untuk ikut menikmati lomba dayung tradisional yang berlangsung selama sehati tersebut.

“Saya ingin warga kota bisa menikmati acara lomba dayung ini, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19,’’ katanya.

Dijelaskannya, selain untuk memperingati HUT RI, kegiatan tersebut merupakan program kerja KSBN Papua untuk mengangkat budaya lokal Papua.

Selain itu, katanya, para pemenang lomba dayung tradisional mendapat piala dan uang pembinaan. “peserta lomba yang keluar menjadi juara I, II dan III bersama kita berikan tropy dan uang pembinaan,’’ kata Richard.

Richard juga mengharapkan dukungan dan peran dari para pengurus KSBN dan masyarakat Papua untuk bersama-sama memajukan dan melestarikan budaya Papua. “Beragam pogram kerja KSBN sudah buat dan akan kita sesuaikan dalam rangka mendukung PON XX di bumi Cenderawasih,” pungkasnya.

Artikel Terkait

Sukseskan PON XX, KSBN akan Gelar Lomba Mural

Bams

KSBN Papua Gelar Lomba Dayung Tradisional

Bams