Pasific Pos.com
Papua Selatan

H.Irwan : Sidang Di Luar Demi Mempermudah

MERAUKE,ARAFURA,-Ketua Pengadilan Agama Merauke, H.Irwan Jamaluddin mengemukakan bahwa pada tahun 2017 lalu pihaknya telah melakukan pelayanan hukum dengan menggelar sidang di luar gedung. Khusus untuk pelayanan ini, petugas yang mendatangi langsung daerah para pihak, tentunya dengan beberapa perkara yang sudah terjadwal sebelumnya. Tujuannya tidak lain untuk mempermudah para pihak dalam menyelesaikan tahapan-tahapan sidang tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar, baik dari pemeriksaan hingga putusan dilakukan langsung di daerah tersebut.

“Jika selama ini sidang dilaksanakan di dalam kantor pengadilan maka tahun lalu kita melakukannya di luar kantor demi mempermudah para pihak yang beperkara agar tidak perlu mengeluarkan biaya lagi yang cukup besar. Sebab mereka harus membawa sejumlah saksi lagi ke Merauke sehingga biaya akan semakin membengkak”jelas H.Irwan kepada ARAFURA News di ruang kerjanya belum lama ini. Ia menjelaskan, biaya yang dikeluarkan untuk bertolak ke daerah yang beperkara murni ditanggung oleh negara di mana saat itu ada 11 perkara yang ditangani.

Untuk lokasinya sendiri masih di kawasan distrik antara lain Distrik Okaba, Kurik dan Tanah Miring. Bahkan pernah juga dilakukan di tiga kabupaten pemekaran yakni Boven Digoel, Asmat dan Mappi yang memang masih berada di bawah naungan Pengadilan Agama Merauke. Hingga saat ini diakui belum ada kantor perwakilan di ketiga kabupaten tersebut sehingga akan membutuhkan dana besar untuk memenuhi panggilan, antara lain biaya transportasi dan biaya-biaya lainnya. “Melalui upaya ini Kita tetap memaksimalkan pemberian layanan yang tidak hanya terbaik tetapi juga transparan,”pungkas H.Irwan.