Pasific Pos.com
Papua Tengah

H+2 Baru Dua Distrik Setor Hasil Pilgub Papua di KPU Nabire

NABIRE – Usai hari pelaksanaan (H) Rabu, 27 Juni 2018 kemarin, pihak penyelenggara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua tahun 2018, KPU Kabupaten Nabire, tempatnya hari kedua pencoblosan (H+2), baru 2 distrik yang menyetorkan hasil perolehan suara sementara Pilgub Papua tersebut.

Dua distrik ini, yakni Distrik Wapoga dan Distrik Wanggar. Dimana, kedua distrik ini telah menyetorkan hasil perolehan sementara sekaligus logistik Pemilunya meskipun usai ataupun belum pleno di tingkat Panitia Pemilihan Distrik (PPD) masing-masing.

Secara umum, hasil perolehan sementara 15 distrik masih dalam proses perhitungan dan rekapitulasi. Tercatat dan sesuai data hitung suara sementara di KPU Nabire yang diterima media ini, baru 20 persen dari jumlah Tempat Pemungutan Suara sebanyak 334 TPS seluruh Nabire.

Total sementara yang masuk sebanyak 18.069 suara, per hari Kamis sore kemarin. Adapun distrik yang telah memasukkan suaranya ke KPU Nabire, yaitu Distrik Nabire, Distrik Wanggar, Distrik Teluk Kimi, Distrik Makimi dan Distrik Wapoga, sementara 11 distrik lainnya masih belum masuk datanya.

Dari hasil perhitungan sementara (sekali lagi perhitungan sementara), lantaran belum seluruhnya diplenokan yang masuk di KPU Nabire, pasangan nomor urut 1, Lukas Enembe dan Klemen Tinal unggul 54.92% dari pasangan John Wempi Wetipo dan Habel Melkias Suwae yang meraih suara 45.08 persen.

Sekedar menambahkan, hari ini Jumat, 29 Juni 2018 sejumlah Panitia Pemilihan tingkat Distrik atau PPD se Kabupaten Nabire baru akan melaksanakan rekapitulasi dan perhitungan suara Pilgub Papua tahun 2018. Segala persiapan, seperti nampak terlihat di Kantor Distrik Nabire Jalan Pepera, kemarin sore pihak penyelanggara tingkat menengah ini mulai menyiapkan segala sesuatunya untuk pleno tingkat distrik tersebut. (wan)