Pasific Pos.com
Papua Barat

Guru Dilarang Merokok di Lingkungan Sekolah

Manokwari, TP – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manokwari, Barnabas Dowansiba, M.Pd menegaskan, guru dilarang merokok di depan siswa dan siswinya.

“Tenaga pendidik atau guru tidak boleh merokok di lingkungan sekolah, apalagi merokok di depan siswa dan orang banyak,” kata Dowansiba yang ditemui Tabura Pos di ruang kerjanya, Senin (22/1/18).

Menurutnya, dengan guru atau tenaga pendidik merokok di depan siswanya, secara tidak langsung dan perlahan-lahan, mereka juga mengenalkan rokok.

“Seharusnya tenaga pendidik harus bisa menempatkan posisinya sebagai pendidik yang mana tenaga pendidik sebagai panutan untuk peserta didik. Kalau ingin merokok, merokoklah di tempat khusus,” pesan Dowansiba.

Ditegaskannya, aturan tentang larangan merokok di lingkungan lembaga pendidikan, baik tingkat SD maupun SMP, sudah dikeluarkan Mendikbud pada 2017 lalu. Bahkan, ia menambahkan, larangan itu sudah disosialisasikan untuk para kepala SD dan SMP.

“Oleh sebab itu, saya minta kepada tenaga pendidik tidak merokok sembarangan di lingkungan sekolah,” tukasnya. [CR42-R1]