Pasific Pos.com
Papua Barat

Gubernur Tegaskan Keputusan Mendagri Tetap Dijalankan

Manokwari, TP – Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menegaskan, Surat Keputusan (SK) Menteri dalam negeri (Mendagri) tentang penetapan Ibu Kota Kabupaten Maybrat di Kimurkek harus tetap dijalankan.

“Yang jelas, datang atau sibuk dan tidak bisa datang, keputusannya tetapi dijalankan,” tutur Gubernur kepada para wartawan di Kantor Gubernur Papua Barat, Jumat (13/7).

Menurut dia, sekali pun ada pihak-pihak yang menilai lain dari sisi hukum dan sisi sebaginya, namun tugasnya adalah mengamankan SK Mendagri dan menjalakannya.

Ditambahkannya, SK penetapan Ibuk Kota Kabupaten Maybrat di Kimurkek adalah keputusan Mendari, dengan bunyi mengesampinkan keputusan Mahkahmah Konstitusi (MK) dan menginstruksikan agar agenda perdamaian adat dan KKR dijalankan.

Untuk itu, dikatakan Gubernur, apa pun yang menjadi alasan Pemerintah Kabupaten Maybrat dan jajarannya untuk menolak, keputusan tersebut tidak dapat diganggu gugat melainkan harus tetap dijalankan.

Disinggung terkait rencana kunjungan Mendagri ke Maybrat apakah sudah pasti, Gubernur mengaku, dirinya akan berkoordinasi kembali sebab yang bersangkutan masih sibuk dengan agenda kenegaraan. [BOM]