Pasific Pos.com
Info Papua

Gubernur, Kapolda dan Pangdam Pantau Lima TPS Pilkada Serentak

Jayapura,- Penjabat Gubernur Papua Soedarmi bersama Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar, Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen George Supit, Rabu (27/6/2018) melakukan pemantauan di lima Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Jayapura yang sedang melaksanakan Pilkada Serentak.

TPS tersebut diantaranya TPS 30 Rusunawa Perumnas III Waena, TPS 10 Kampung Waena, Distrik Heram, TPS 24 Kecamatan Abepura, Kelurahan Awiyo, TPS 30 Lapas Abepura dan TPS 05 Kelurahan Abepantai, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Pantauan di lapangan, Di setiap TPS, gubernur bersama kapolda dan Pangdam berbincang dengan Ketua TPS dan pihak penyelenggara. Kepada panitia dan penyelenggara, gubernur mengimbau agar melakukan tugas dengan sebaik – baiknya, sesuai aturan yang berlaku, selesaikan pekerjaan dengan sebaik-baiknya.

Pengurus Rusunawa Uncen, Elius Wenda mengatakan untuk TPS di wilayahnya jumlah DPT yang akan memilih sebanyak 711 orang dari total 729 orang yang ada di wilayahnya.

Mengenai persiapan pencoblosan, ujar ia, semuanya sudah siap, hanya saja ada keterlambatan pendistribusian formulir C6 sehingga pencoblosan belum dilakukan sejak pagi.

“C6 baru diantar pagi tadi, makanya petugas baru persiapkan semuanya,” ujarnya.

Aggota TPS 24 Kelurahan Awiyo, Salmon Sasarari mengatakan pencoblosan akan dilakukan sampai pukul 13:00 WIT dengan surat suara dari KPU sebanya 482. Sementara jumlah DPT 470 orang.

“Ada keterlambatan pegiriman undangan dari KPU sehingga mengurangi antusias warga untuk datang ke TPS. Apalagi jumlah DPT yang ada ini tidak sesuai dengan warga yang ada di RT maupun RW (diacak) dari KPU,” kata Sasarari.

“Undangan baru tiba di kami Selasa Sore, sehingga kami kesulitan dalam pembagian. Seharusnya H-3 itu sudah diserahkan,” sambungnya.

Meskipun demikian, Penjabat Gubernur Papua Soedarmo tetap mengajak masyarakat untuk tetap memberikan hak suaranya dengan datang ke TPS di masing-masing wilayah.

“Mari datang memilih pemimpin lima tahun kedepan dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan pencoblosan. Saya percaya semua akan terlaksana dengan baik,” kata Soedarmo.

Diketahui, TPS 30 Rusnawa jumlah DPT sebanyak 711 orang, TPS 10 Kampung Waena (Expo) DPT 701 orang, TPS 24 Kelurahan Awiyoi DPT 470 orang, TPS 30 Lapas Abepura DPT 576 orang, da TPS 05 Kelurahan Abepantai DPT 532 orang.

Kapolda Papua pada kesempatan sama menyampaikan, sesuai dengan laporan yang diterimanya, situasi kamtibmas masih yang kondusif. “situasi dan kondisi pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Papua secara umum berlangsung aman dan lancar,” ujarnya.