Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Gubernur Enembe Akan Lantik Ratusan Kepsek SMA/SMK

JAYAPURA,- Dinas Pendidikan Provinsi Papua memastikan Gubernur Lukas Enembe akan melantik ratusan Kepala Sekola (Kepsek) Sekolah Menengah Atas/ Sekolah Menengah Kejuruan dan sederajat.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Elias Wonda kepada wartawan di Jayapura, Selasa (22/10) mengaku, Surat Keputusan (SK) pelantikan kepala sekolah tersebut sudah ditandatangani Gubernur.

“Bapak Gubernur akan melantik sekitar 300 orang kepala sekolah SMU/SMK, Mungkin minggu ini atau minggu depan,” Kata Elias Wonda.

Ia menilai kualitas dan mutu pendidikan di daerah ditentukan oleh kepala sekolah serta ditunjang oleh tenaga pengajar, sehingga pelantikan kepala sekolah tersebut diharapkan dapat meningkatkan SDM di Papua.

“Maju mundurnya pendidikan di daerah ditentukan oleh kepala sekolah dan guru,” Katanya.

Menurutnya selama ini Dinas Pendidikan Provinsi Papua telah melakukan pelatihan guna menunjang tenaga pengajar khususnya di daerah pedalaman, sehingga kapasitas guru menjadi prioritas utama.

“Guru harus pintar dulu baru mengajar, kalau guru tidak pintar bagaimana mau mengajar,” Terangnya.

Disinggung mengenai fokus peningkatan SDM dalam sambutan Presiden, Elias Wonda mengaku untuk meningkatkan SDM tentunya harus ditunjang keamanan dan kesejahteraan.

“Dengan adanya jaminan keamanan, seorang guru dapat bergerak bebas, tetapi kalau keamanan tidak nyaman akan mengganggu proses belajar mengajar,” Tambahnya.