Pasific Pos.com
Papua Barat

Goram Gaman Nilai Pembangunan Jalan Lingkar Raja Ampat Bukan Hal Prioritas

Manokwari, TP – Desain pembangunan di Kabupaten Raja Ampat, harus berbeda dengan daerah lain di Papua Barat. Sebab, 90 persen wilayah Raja Ampat merupakan daerah konservasi yang terdiri dari pulau-pulau.

Namun, anggota Fraksi Otsus DPR Papua Barat, Abraham Goram Gaman mengatakan, semangat pembangunan oleh Pemerintah Pusat melalui kementerian terkait, sekarang berfokus pada pembangunan infrastruktur jalan lingkar.

“Saat ini belum terlalu penting, masih ada hal yang jauh lebih penting, yakni bagaimana memberikan pelayanan publik terhadap masyarakat di kampung-kampung,” ujar Goram Gaman kepada Tabura Pos di Kantor DPR Papua Barat, Jumat (5/1/18).

Ia mencontohkan penerangan listrik, karena masyarakat yang berdomisili di kampung-kampung hanya bisa menikmati penerangan listrik mulai pukul 18.00 WIT hingga pukul 24.00 WIT. “Ada juga yang hidup gelap gulita karena harus tergantung ketersediaan BBM dan genset,” tambahnya.

Di samping itu, ia menambahkan, pelayanan di bidang pendidikan, kesehatan, air bersih, peningkatan ekonomi masyarakat, dan transportasi laut, masih jauh dari harapan masyarakat.

Menurutnya, pelayanan publik seperti inilah yang harus diperhatikan dibandingkan pembangunan jalan lingkar. “Masih ada hal lain yang penting untuk dilihat, sehingga pembangunan jalan memang penting, tetapi itu bukan menjadi prioritas. Yang penting dan harus diprioritaskan yakni pelayanan publik,” tukas Goram Gaman.

Dikatakannya, kalau 5 tahun yang akan datang semua pelayanan publik sudah dibenahi secara baik, barulah memikirkan pembangunan infrastruktur jalan, karena alokasi anggaran terbesar hanya untuk pembangunan jalan.

“Berbicara jalan, daerah Raja Ampat, 90 persen merupakan wilayah konservasi yang terdiri dari pulau-pulau, maka yang perlu diperkuat adalah transportasi laut, sehingga bisa memberikan pendapatan untuk daerah,” terang Goram Gaman.

Mantan aktivis lingkungan ini menjelaskan, dengan demikian, wisatawan yang berkunjung ke spot-spot wisata di Raja Ampat bisa mudah dan murah, sehingga lebih menarikan kunjungan banyak wisatawan ke Raja Ampat. [FSM-R1]