Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Giri : Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama

“Dari Kegiatan Bhakti Massal di pinggiran danau Sentani”

 

SENTANI – Kebersihan lingkungan yang salah satunya diwujudkan dengan memiliki kepedulian terhadap sampah adalah tanggung jawab bersama seluruh masyarakat dan bukan karena ada peringatan Hari Air Sedunia (HAS) saja baru dilaksanakan kegiatan pembersihan sampah.

Hal itu diutarakan Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro, disela-sela kegiatan kerja bhakti massal pembersihan sampah di pinggiran Danau Sentani bersama masyarakat, jajaran pegawai Pemkab Jayapura, unsur TNI-Polri, anak sekolah serta komunitas peduli lingkungan baik yang ada di Kabupaten/Kota Jayapura, di Dermaga Yahim, Kampung Yahim, Kelurahan Dobonsolo, Kabupaten Jayapura, Jumat (2/3/18).

Menurutnya, tugas membersihkan sampah tidak hanya sebatas tanggung jawab petugas kebersihan saja. Namun untuk menjaga kebersihan harus dimulai dari dalam sendiri dan itu merupakan tanggung jawab bersama.

“Sampah memang masalah, tapi bila ditangani dengan bjiak tentu akan berdaya guna juga. Jadi, penanganan sampah ini perlu kesadaran seluruh elemen masyarakat, sehingga lingkungan sekitar kita menjadi bersih,”seruhnya.

Dikatakan, kegiatan kerja bhakti massal pembersihan sampah ini dalam rangka Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 23 Maret 2018 mendatang dan diikuti oleh elemen masyarakat dan sejumlah komunitas peduli lingkungan, yang dilakukan di beberapa lokasi.

Untuk di Kabupaten Jayapura terbagi di beberapa titik lokasi, yakni di Distrik Sentani Timur dilaksanakan di Pantai Khalkote, Kampung Harapan hingga Kampung Yokiwa. Sedangkan di Distrik Sentani dilaksanakan disekitar Kota Sentani dan Dermaga Yahim. Kemudian di Distrik Ebungfauw dilaksanaka di pinggiran Danau Sentani dan di Distrik Waibhu dilaksanakan di Kampung Doyo Lama, Toware serta Dermaga Patouw.

“Kita coba memberi contoh dengan menggerakkan masyarakat, karena kebersihan menjadi tanggung jawab kita bersama. Jadi, bukan karena ada peringatan Hari Air Sedunia (HAS). Tapi, ini menjadi satu kewajiban kita bersama guna menjadi suatu gerakan kita bersama demi mewujudkan Kabupaten Jayapura itu menjadi kabupaten yang indah dan bersih,” ujarnya.

Ini sesuai dengan pencanangan Aksi Bersih Nasional Tahun 2018 oleh Pemerintah Pusat.

Wabup Giri mengajak semua elemen masyarakat untuk mengkampanyekan “Budaya Bersih”, untuk sadar membuang sampah dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan harus membuang sampah pada tempatnya.

“Saya yakin bersih itu sangat bermanfaat untuk diri kita sendiri dan juga orang lain yang perlu hidup bersih. Jadi, sebelum lingkungan bersih maka harus dirinya bersih, juga pembawaannya harus baik dan lingkungan tempat inggalnya harus bersih,” ajak Giri Wijayantoro.

Peringatan Puncak Hari Air Sedunia (HAS) Tahun 2018 akan dipusatkan di Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.