Pasific Pos.com
Papua Selatan

Giliran Mama-Mama Suku Asmat Dilatih Home Industri Oleh Kapolres Merauke

Kapolres saat melatih mama-mama Papua Asmat (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Meskipun disibukkan dengan segudang aktifitas pengamanan di daerah ini namun Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum masih meluangkan waktu untuk melanjutkan program kegiatan home industrinya yang sudah berjalan sejak beberapa kurun terakhir ini. Sempat terhenti karena padatnya tugas pengamanan pilkada dan perayaan Natal serta tahun baru, kini dirinya mulai aktif kembali melatih warga binaannya. Khusus untuk jadwal kemarin giliran beberapa mama Papua asal Asmat yang menjadi binaan sang Kapolres. Mereka dirangkul oleh Untung Sangaji saat menggelar kegiatan berbagi kepada masyarakat di seputar Kota Merauke Selasa lalu. Sebab selain memberikan bantuan sembako, ia juga memberi arahan dan edukasi kepada mereka termasuk mengenai program home industri yang sarat dengan manfaat.

Upayanya membuahkan hasil karena mama-mama Asmat tersebut akhirnya bersedia mendatangi Mapolres dan mulai dilatih home industri pada tenda yang sudah disediakan. Kali ini AKBP Untung Sangaji melatih mereka mengolah buah kelapa menjadi minyak goreng yang diharapkan dapat menambah penghasilan mereka untuk menopang kebutuhan keluarga. Kepada ARAFURA News usai kegiatan, Untung Sangaji mengemukakan bahwa hasil produksi dari mama-mama Asmat tersebut nantinya akan dibeli oleh Koperasi Polres Merauke yang dalam hal ini berdasarkan usulan langsung dari Ketua Bhayangkari, Ny.Ndari Untung Sangaji.

Nampaknya Ketua Bhayangkari juga memberikan perhatian penuh terhadap gagasan home industri tersebut sehingga bersedia menampung produk yang dihasilkan. Untung Sangaji menambahkan, pelatihan ketrampilan home industri yang diikuti khusus oleh satu tim mama-mama Suku Asmat tersebut dimulai pada jam 12.30 WIT hingga selesai. Sebagai pihak penyelenggara, dirinya berharap besar pelatihan ketrampilan Polres Merauke tersebut dapat berjalan lancar dan berkelanjutan. “Esok hari ketika saudara-saudara kita ini sudah benar-benar mahir maka alat-alat dan mesin produksi yang digunakan selama latihan akan kita berikan kepada mereka sehingga mereka dapat melakukan tahapan produksi sendiri di rumah,”pungkas Untung Sangaji mengakhiri sesi wawancara.

Artikel Terkait

Giliran Remaja Putri Asmat Dilatih Buat Kancing Baju

Arafura News

Dukung Penghasilan Warga, ‘Mama-Mama Asmat Dibuatkan Rekening Tabungan’

Arafura News

Sosok Seorang Paulus Waterpauw Di Mata Kapolres Merauke

Arafura News

Kapolres : Kalau Mabuk Pasti Saya Tangkap

Arafura News

Meski Pandemi Home Visit Tetap Digiatkan

Arafura News

27 Polisi Ikut Tes Bela Diri

Arafura News

Polres Merauke Gencar Cegah Penyebaran Covid

Arafura News

Home Industri Kapolres Merauke Makin Dikenal

Arafura News

Prihatin Dengan Masalah Pemalangan

Arafura News