Pasific Pos.com
Papua Selatan

Gerakan Keroyok Sampah

‘PKK Dihimbau Ikut Ambil Bagian’

 

MERAUKE,ARAFURA,- Menjelang Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Merauke pada Bulan Februari, Distrik Merauke dan kelurahan telah bersepakat untuk melakukan bersih-bersih atau kerja bakti setiap Hari Jumat. Kegiatan ini dinamakan gerakan keroyok sampah agar kedepan Kabupaten Merauke bersih dan bebas dari sampah.

“Sesuai dengan arahan bupati terkait dengan kebersihan, maka kami telah sepakat untuk melakukan kerja bakti di setiap kelurahan atau wilayah kerja masing-masing. Saya harapkan adanya partisipasi dari masyarakat untuk ikut ambil bagian,”tandas Kepala Distrik Merauke, Kristian Ndiken di Gedung Kanol Sai, Senin (22/1/18).

Ia berharap, Tim Penggerak PKK akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti yang dilakukan setiap Hari Jumat. Hal ini dilakukan agar tercipta suasana yang bersih dan sehat. Kalau lingkungan bersih tentu masyarakat akan ikut sehat. Karena itu, masyarakat Merauke diajak untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Sekarang sudah memasuki musim hujan akan sangat rawan banjir, apabila selokan-selokan dipenuhi dengan sampah-sampah,”ungkapnya.

Gerakan keroyok sampah ini diharapkan tidak hanya menjelang perayaaan HUT Kota Merauke saja. Tetapi dilakukan setiap hari untuk menjaga kebersihan lingkungan. “Dengan dilantiknya penggerak PKK Distrik dan Tim Penggerak PKK kelurahan, saya harapkan akan ada program-program atau ide-ide yang baru guna mendukung pembangunan yang ada di Kabupaten Merauke,”terangnya.