Pasific Pos.com
Papua Selatan

Gempa, Kubah Masjid Mindiptanah Rubuh

MERAUKE,ARAFURA,- Gempa bumi dengan kekuatan 7,6 SR mengguncang wilayah Boven Digoel dan sekitarnya, Senin (26/2) sekitar Pukul 02.44 WIT. Getaran gempa juga terasa cukup kencang di Kabupaten Merauke, Mappi, Asmat, Pegunungan Bintang dan bahkan dikabarkan juga terasa di Kota Jayapura.

Sesuai informasi, pusat gempa berada di wilayah Papua New Guinea (PNG) tepatnya di arah tenggara atau 266 Km dari Boven Digoel. Getaran gempa yang cukup kencang, sontak membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah.

Untuk di wilayah Kabupaten Boven Digoel yang berdekatan dengan pusat gempa, belum ada laaporan adanya korban akibat gempa tersebut. Namun, sejumlah bangunan dilaporkan retak dan kubah Masjid Mindiptanah rubuh.

“Laporan sementara, baru dilaporkan menara atau kubah Masjid Mindiptanah yang rusak,”ungkap Wakil Bupati Boven Digoel, Chaerul Anwar,ST ketika dikonfirmasi wartawan di Merauke, Senin (26/2).

Dikatakan, pihaknya menggelar rapat dengan OPD dan pihak terkait untuk mengetahui dampak dari gempa tersebut. Jika memang ada korban atau ada rumah yang rubuh, maka karena ini bencana alam pemerintaah siap untuk memberikan bantuan.

“Kalau ada, ini kan bencana alam, jadi kalaupun ada pemerintah siap memberikan bantuan,”ujaarnya.

Ditambahkan, di Kota Tanah Merah, sesuai informais dari para pemilik pemilik toko dan mini market, gempa membuat barang-barang jatuh dan yang terbuat dari kaca seperti sirup pecah. “Bangunan ada yang retak, tiang utama di Majid Tanah Merah dilaporkan retak. Kalau sampai rumah rubuh belum ada, termasuk adanya korban,”tukasnya.