Pasific Pos.com
Papua Selatan

Ganti Bendera Usang Dengan Yang Lebih Layak

Kapolres Bersama Para Penerima Penghargaan (foto:iis)
‘Kapolres Merauke Beri Penghargaan Kepada Anggota Dan Tiga Warga Papua’

 

MERAUKE,ARAFURA,-Sosok Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum dikenal sebagai sosok yang sangat mencintai tanah air dan jika berbicara tentang NKRI, dirinya akan terlihat begitu bersemangat menyiratkan semangat yang begitu berkobar-kobar dalam tanda kecintaannya yang mendalam terhadap negaranya. Oleh sebab itu dirinya juga sangat bangga dan salut kepada orang-orang yang juga memiliki kecintaan serupa termasuk dalam menyelamatkan lambang atau simbol negara karena hal itu menegaskan mereka sangat mencintai NKRI.

Seperti yang dilakukan oleh dua anggotanya dan tiga orang masyarakat yang berinisiatif mengganti bendera yang telah usang di area Tugu Pepera belum lama ini sehingga selaku Kapolres ia langsung memberikan penghargaan. Untung Sangaji mengemukakan bahwa penghargaan yang diberikan kepada masyarakat dan anggota Polres di wilayah Merauke menurutnya wajib diberikan. Apalagi penghargaan yang diberikan terkait dengan kesigapan mereka dalam menghargai bendera bangsa ini sehingga bisa berkibar dengan lebih layak.

“Dalam hal ini anggota saya ketika melihat bendera yang sudah rusak dan usang dengan kesadaran sendiri lalu membeli bendera yang baru dan memasangnya. Alhamdulillah, itu yang dapat saya ucapkan saat ini atas sikap positif dari anggota saya dan juga masyarakat yang sudah sangat peduli dengan benderanya sehingga langsung saya beri penghargaan,”jelas Untung Sangaji di ruang kerjanya kemarin. Lebih lanjut ia mengemukakan, apa yang dilakukan oleh anggota dan masyarakat tersebut patut diapreasiasi apalagi salah satu masyarakat yang peduli itu fisiknya tidak sempurna (cacat) namun memiliki kecintaan tinggi terhadap bendera negaranya sehingga mau mengganti beberapa bendera yang sudah usang.

Mengganti bendera yang sudah usang juga pernah dirinya lakukan saat baru menjabat sebagai Kapolres di daerah ini di mana bendera tersebut berada di depan kantor Pemda. Saat itu ada 5 bendera yang nampak usang bahkan ada yang sudah sobek, hatinya terenyuh menyaksikan pemandangan itu sehingga langsung berinisiatif menggantinya dengan yang baru. Tidak menunggu lama, Kapolres yang dikenal berani dan tegas ini bersama ajudannya langsung mengganti kelima bendera tersebut.

“Sama seperti mereka, apa yang saya lakukan hanya karena kepedulian dan saya berharap tidak ada lagi bendera rusak yang masih berkibar tanpa diganti dengan yang lebih layak. Orang cacat saja bisa melakukan itu, oleh sebab itu saya benar-benar mengapresiasi,”jelasnya. Ia mengakui penghargaan yang diberikan memang tidak seberapa namun memiliki makna yang cukup besar terutama bagi masyarakat agar lebih memiliki kepedulian terhadap bendera negara. Kapolres menghimbau agar masyarakat dapat lebih mencintai lambang-lambang negara termasuk mencintai guru, para pahlawan, tokoh agama selain mencintai presiden dan wakilnya sehingga kecintaan kepada negara tidak pernah berhenti. **

Artikel Terkait

Terkait Tahanan Makar Yang Wafat, ‘Kapolres Bantah Ada Penyiksaan’

Arafura News

Pererat Silaturahmi Dan Persaudaraan, ‘Kapolres Untung Sangaji Ajak Masyarakat Binaan Dinner Bareng’

Arafura News

Kapolres : Cegah Makar, Pers Berperan Edukasi Masyarakat

Arafura News

Kapolres Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Arafura News

Kapolres : Warga Toray Masih Butuh Perhatian

Arafura News

Beri Bantuan Makanan, Wujud Kepedulian Kapolres Bagi Warga Lapas

Arafura News

Untung Sangaji Minta Anggotanya Pahami Program Kapolri

Arafura News

Satu Lagi Gebrakan Dari Kapolres Untung Sangaji

Arafura News

Binmas Polres Himbau Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Di Pasar Baru

Arafura News