Pasific Pos.com
Papua Selatan

Gabriel: “Tolak Politik Uang Dan SARA”

MERAUKE,ARAFURA,- Sekertaris Kesbangpol Kabupaten Merauke, Gabriel Laiyan mengatakan salah satu tugas dari partai politik adalah memberikan pendidikan praktis kepada masyarakat, sehingga mereka bisa memahami dengan baik. Selain itu, semua masyarakat maupun paratai politik harus berkomitmen untuk menolak dan lawan politik uang serta Suku Agama Ras dan Antar Golongan (SARA) dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Papua Tahun 2018.

“Kita tahu dimana-mana sering terjadi politik uang atau lebih dikenal dengan money politik dan ini sangat rawan, sehingga mulai sekarang kita semua perlu berkomitmen untuk menolak politik uang dan SARA dalam Pilgub maupun pemilihan lainnya,” tuturnya di Swissbel-Hotel, Selasa (20/2) lalu.

Menurutnya, dalam politik pasti selalu dimanfaatkan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab demi memenangkan apa yang mereka inginkan atau perjuangkan. Hal itu, apabila dibiarkan akan merusak tatanan dan sendi-sendi demokrasi yang telah dibangun bersama-sama.

“Hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab moral bagi semua partai politik. Ini juga menjadi tanggung jawab semua untuk memberikan pendidikan politik praktis bagi masyarakat,” tuturnya.

Ia berharap, dalam rangka Pilgub Provinsi Papua agar partai politik mensosialisasikan program mereka melalui visi dan misi, sehingga mereka memahami. Ia juga kepada aparat pengawas dapat menjalankan tugas dengan baik. Apabila ada yang tidak sesuai dengan hukum dan peraturan agar dapat diproses seuai dengan mekanisme dan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Merauke, Oktafina Amtop mengajak semua pihak baik pemerintah daerah, Parpol dan semua masyarakat untuk menolak dan melawan politik uang agar dapat mencapai pesta demokrasi dan menghasilkan figur yang baik yang bisa memberdayakan SDM kedepan lebih baik.