Pasific Pos.com
Papua Barat

Forum OPD : Tidak Ditolerir Program Kegiatan di Luar Perencanaan

Manokwari, TP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari menggelar forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tahun 2018 di Kantor Bupati selama tiga hari mulai, Senin (5/3).

Forum OPD yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Manokwari ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembangunan yang dilakukan Pemkab Manokwari selama dua tahun terakhir dan merencanakan pembangunan ke depannya.

Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo berharap semua pimpinan OPD, distrik dapat mengikuti forum OPD dengan menyampaikan dan mengevaluasi program yang sudah berjalan maupun belum.

Budoyo menegaskan, tidak akan mentolerir adanya program kegiatan yang diusulkan diluar agenda perencanaan yang tidak tertuang dalam Musrenbang tingkat distrik, karena pihaknya telah membuka ruang terakhir pada forum OPD.

“Untuk itu diharapkan melalui forum OPD, dijadikan sebagai wahana mensinergikan setiap usulan baik dari masyarakat distrik aspirasi DPRD maupun rencana kerja OPD untuk memperoleh rancangan program kegiatan yang komprehensif, serta benar-benar menyentuh dan dibutuhkan masyarakat,” jelas Budoyo.

Budoyo menerangkan, mulai tahun 2018 Pemkab Manokwari telah menerapkan sistem perencanaan berbasis online melalui aplikasi E-Planing yang bekerja sama dengan BPKP Perwakilan Papua Barat.

Dimana penginputan rencana kerja OPD ke dalam sistem E-Planing tersebut akan dipandu Bappeda dan BPKP.

“Pimpinan OPD diminta bersungguh-sungguh melaksanakan penginputan renstra dan renja OPD ke dalam sistem e-planing,” terang Budoyo.

Budoyo menambahkan, tahun depan Pemkab Manokwari telah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 41 miliar lebih sebagai pagu indikatif kewilayahan (PIK).

“PIK tersebut diberikan kepada setiap distrik yang disesuaikan dengan data dasar distrik yang bersangkutan antara lain luas wilayah dan jumlah penduduk. Setiap distrik harus dapat memanfaatkan PIK untuk menyusun program kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat,” pesan Budoyo. [SDR-R3]