Pasific Pos.com
Papua Barat

Forum OPD Hasilkan 997 Kegiatan dan 294 Program

Manokwari, TP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari telah menyiapkan rencana projek pembangunan tahun 2019, hasil Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) selama tiga hari di Kantor Bupati Manokwari di Sowi Gunung.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Manokwari Tajudin mengatakan, dari hasil Forum OPD 2018, pihaknya menerima berbagai usulan pembangunan dari setiap OPD.

Untuk projek pembangunan tahun 2019, terdapat kurang lebih 997 kegiatan dan 294 program.

“Jumlah itu terdiri dari 4 bidang pembangunan, bidang ekonomi, bidang sosial budaya, bidang pemerintahan, dan bidang sarana prasarana wilayah,” jelas Tajudin kepada wartawan di Kantor Bupati usai penutupan Forum OPD, Rabu (7/3).

Tajudin membeberkan, estimiasi sementara anggaran yang dibutuhkan untuk semua program dan kegiatan dari keempat bidang tersebut mencapai Rp.894 miliar lebih, dengan rincian bidang ekonomi Rp.136 miliar lebih, bidang pemerintahan Rp.246 miliar lebih, bidang sosial budaya Rp.297 miliar dan bidang sarana prasarana wilayah Rp.213 miliar lebih.

“Tentu ini belum pasti, karena semua program akan disesuaikan dengan visi misi bupati yang prioritas kemudian disinkronkan dengan keuangan,” jelasnya seraya menambahkan hal itu yang akan dilakukan pihaknya setelah Forum OPD selesai.[SDR-R3]