Pasific Pos.com
Info Papua

Forkompimda Papua Dapat Penghargaan dari Mendagri

JAKARTA (PT) – Di sela-sela pengkukuhan Pjs. Gubernur Papua, Mayjen TNI. (Pur) Soedarmo oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Senin (26/2/2018) di Kantor Kemendagri Jakarta juga dilaksanakan pemberian piagam penghargaan kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH dan Forkompimda Papua.

Sekedar diketahui, Forkompimda Papua yang mendapat piagam penghargaan tersebut antara lain, Ketua DPR Papua, Ketua MRP, Kapolda Papua, Pangdam XVII/Cenderawasih, Kabinda Papua dan Sekda Papua.

Mendagri Kumolo mengatakan, pemberian penghargaan kepada seluruh Forkompimda Papua dalam rangka mengingatkan bahwa pemerintah daerah itu bukan saja Gubernur hingga Kepala Desa tetapi didalamnya ada ada TNI dan Polri.

Artinya, Mendagri Kumolo menjelaskan bahwa di dalam pemerintah daerah itu ada Kapolda hingga Kapolsek dan ada Panglima Kodam sampai Danramil hingga Babinsa.

Selain itu, ada Kabinda yang harus melakukan deteksi dini di semua wilayah. Bahkan ada MRP, ada DPR Papua yang mana semua ini bagian yang tidak terpisahkan. Termasuk beberapa elemen-elemen masyarakat.

“Tak lupa juga ada Kejaksaan dan ada Pengadilan. Sehingga setiap kebijakan politik pembangunan dari tingkat provinsi sampai kecamatan dan kelurahan harus melibatkan Forkopimda serta seluruh elemen masyarakat,” tegas Mendagri sambil mengingatkan Pjs. Gubernur Soedarmo usai dikukuhkan.

Mendagri menambahkan, dalam upaya untuk menjaga stabilitas daerah dan menjaga ketertiban maka dibutuhkan membangun komunikasi khususnya dengan tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di semua tingkatan.