Pasific Pos.com
Headline Sosial & Politik

Forkom LKN Papua Kembali Berbagi Takjil di Bulan Ramadhan

Tampak sejumlah anggota Forkom LKN Papua bidang Sosial Kemanusiaan saat membagi bagikan kotak takjil kepada pengendara roda dua dan roda empat di lampu merah Abepura, Kota Jayapura. (Foto : Tiara)

Jayapura : Moment berbagi takjil gratis di bulan suci Ramadhan ini kembali dilakukan Forum Komunikasi Lintas Kerukunan Nusantara (Forkom LKN) Provinsi bidang Sosial Kemanusiaan yang diberikan kepada setiap pengendara roda dua maupun roda empat yang melintas di seputaran lampu merah Abepura, Kota Jayapura, Sabtu 23 April 2022.

Bahkan dalam bhakti sosial berbagi kasih di bulan suci Ramadhan 1443 H, Forkom LKN bidang Sosial Kemanusiaan telah membagikan ratusan kotak takjil berisi beberapa kue dan air mineral, yang tak hanya dibagikan kepada umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, tapi saudara saudara non muslim pun turut dibagikan takjil yang sedang melintas di lampu merah Abepura itu.

“Pembagian takjil gratis ini sengaja kami lakukan dari Forkom LKN Papua bidang Sosial Kemanusiaan, dan ini Minggu ke tiga Forkom LKN membagi bagikan takjil selama bulan Ramadhan 1443 Hijiriyah ini. Sebelumnya, minggu pertama di ruas Jalan DR. Sam Ratulangj atau Taman Imbi Kota Jayapura, minggu kedua di depan Papua Trade Center (PTC ) Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura. Di Minggu ke tiga ini, Forkom LKN Papua kembali lakukan hal yang sama, khususnya dari bidang Sosial Kemanusiaan,”kata H. Yusuf Rahman sebagai Wakil Koordinator Wilayah yang membidangi semua bidang yang ada di Forkom LKN Papua, ketika ditemui Pasific Pos usia pembagian takjil di lampu merah Abepura.

Menurut Yusuf Rahman, ini bagian dari kepedulian dan rasa kebersamaan dari warga bidang Sosial Kemanusiaan kepada umat muslim. Sehingga upaya-upaya yang telah diberikan dan sumbangkan dari warga bidang Sosial Kemanusiaan ini dapat menjadi berkah dan ladang pahala buat mereka.

“Meskipun dalam penyediaan kotak takjil ini mungkin tak banyak, hanya dua ratus kotak lebih, tapi pemberian mereka itu sangat berharga dan kami pun senang dapat berbagi,”ucapnya.

Disamping itu, lanjut Yusuf Rahman, pihaknya juga sedang menyusun rencana untuk kegiatan pembagian takjil di minggu berikutnya. Sebab, itu merupakan minggu terakhir dalam bulan suci Ramadhan ini untuk kegiatan bhakti sosial. Sehingga Forkom LKN Papua berencana akan melakukan anjangsana ke panti – panti asuhan yang ada di Kota Jayapura ini.

“Insya Allah kita lakukan itu di Minggu terakhir. Jika memang diberi kemudahan, dan kesempatan buat kami serta dana yang cukup. Kami berharap, apa yang sudah kami susun dan rencanakan dapat dikabulkan oleh Allah SWT, sehingga kami dapat melakukan anjangsana ke panti panti asuhan,” ujar Yusuf Rahman yang juga perwakilan dari Pasundan Papua.

Apalagi kata Yusuf, teman-teman Forkom LKN di dibidang lain juga turut berpartisipasi dalam setiap kegiatan ini, terutama bidang Sosial Kemanusiaan.

Dijelaskan tujuan utama pihaknya melakukan bhakti sosial adalah semata mata untuk dapat saling berbagi di bulan suci Ramadhan ini, sesuai kemampuan masing masing anggotanya.

Foto bersama usai berbagi takjil. (Foto : Tiara)

“Jadi bukan sekedar berkumpul ramai ramai atau bersenang senang tetapi kita berupaya untuk berbagi, sehingga kami pun ikut merasakan penderitaan teman teman muslim atau pun non muslim yang masih serba kekurangan. Dan
disini kita saling berbagi sesuai kemampuan kami,” tuturnya.

Diakui, jika toleransi antar umat beragama di Bumi Cendrawasih ini sangat tinggi. Oleh karena itu, Forkom LKN Papua berkomitmen siap menjadi gardan terdepan untuk selalu menjaga kebersamaan antar umat beragama di Tanah Papua.

Yusuf Rahman pun mengakui, jika di minggu ketiga ini memang banyak panitia atau anggota yang berhalangan hadir lantaran terbentur dengan kegiatan di tempat lain seperti buka puasa bersama, atau sudah ada sebagian yang mudik sehingga mereka tidak sempat hadir dalam kegiatan pembagian takjil pada hari ini.

“Jadi yang ada ini saja, yang masih setia meski anggotanya tidak lengkap tapi kita tetap kompak menjalankan program Forkom LKN dibidang Sosial Kemanusiaan, karena kita juga sudah komitmen untuk melakukan program ini hingga Ramadhan berakhir,” tandasnya.

Sementara itu, Hj. Subaeda Wada sebagai bendahara Forkom LKN bidang Sosial Kemasyarakatan yang telah diberi tanggungjawab untuk menyediakan kotak kotak takjil dalam kegiatan bhakti sosial Fokrom LKN Papua.

Hj. Subaeda Wada mengucapkan, Alhamdulilah dan bersyukur kepada Allah SWT, karena teman-teman anggota Forkom LKN bidang Sosial Kemanusiaan telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk disumbangkan dan sudah di salurkan.

“Di minggu ketiga ini kami pun menyediakan dua ratus kotak takjil dan Alhamdulillah kotak takjil itu habis terbagi. Semoga keihklasan dari teman teman menjadi berkah buat orang lain dan menjadi ladang pahala buat kita semua anggota Forkom LKN di bulan Ramadhan ini,” ucapnya.

Kendati demikian, Hj. Subaeda Wada berharap, di minggu ke empat atau di minggu terakhir Ramadhan, pihaknya masih bisa melaksanakan kegiatan seperti ini dan jumlah personilnya pun juga bisa bertambah. (Tiara).