Pasific Pos.com
Papua Selatan

Fokus Tindak Lanjuti Home Industri Di Awal 2021

Kapolres saat memberi arahan (foto:iis)
‘Kapolres Bidik Sejumlah Titik Jadi Lokasi Base Camp’

 

MERAUKE,ARAFURA,-Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum mengemukakan bahwa di tahun 2021 ini pihaknya akan tetap fokus untuk menindak lanjuti program home industri pembuatan kancing baju dari batok kelapa dan pembuatan minyak goreng yang sudah berjalan beberapa tahapan. Termasuk membuat base camp dengan membidik sejumlah titik sehingga masyarakat yang dibina ketika sudah benar-benar trampil dapat melakukan produksi di lingkungan masing-masing. Semua akan berjalan secara berkelanjutan dan masing-,masing team work atau kelompok akan dilatih hingga benar-benar mampu. “Setelah kelompok yang sudah trampil mampu mengolah sendiri secara mandiri pada base camp yang akan kita sediakan maka kita akan melanjutkan dengan fokus melatih kelompok yang baru.

Salah satunya adalah mama-mama dari Suku Asmat yang sudah mulai mengikuti pelatihan,”jelas Kapolres di ruang kerjanya. . Mereka juga diberikan edukasi agar dalam bekerja tetap memperhatikan kebersihan, tidak boleh mengunyah pinang saat bekerja dan merokok. Pakaian yang digunakan juga harus yang bersih, menggunakan sarung tangan dan mengenakan celemek. Pihaknya cukup tegas dalam hal ini agar masyarakat benar-benar patuh dan mampu menghasilkan produksi yang baik. Apalagi peralatan yang digunakan tersebut nantinya akan dihibahkan kepada mereka namun dengan catatan masyarakat yang dibina komit dan sudah mampu berproduksi secara mandiri. Oleh sebab itu seluruh proses akan diawasi dengan sangat detil demi memperoleh hasil yang terbaik.

Kapolres menjelaskan bahwa dalam menjalankan program home industri ini, dirinya bersikap terbuka dengan pihak manapun yang ingin berperan serta mengingat program ini benar-benar memberdayakan masyarakat asli Papua. Dukungan tetap dapat diberikan oleh berbagai pihak maupun pemerhati masyarakat yang memiliki kepedulian yang sama untuk membangun masyarakat setempat. Pihaknya juga telah memikirkan untuk memasarkan produk yang dihasilkan, seperti di area bandara, toko hingga merekrut penjahit dan menyediakan peralatan menjahit guna memperlancar proses produksi. Koperasi Polres Merauke juga akan ia aktifkan kembali untuk selanjutnya membeli hasil produksi masyarakat dan akan menyalurkan kepada perusahaan garmen di luar negeri yang memang sangat berminat.

Artikel Terkait

Giliran Remaja Putri Asmat Dilatih Buat Kancing Baju

Arafura News

Dukung Penghasilan Warga, ‘Mama-Mama Asmat Dibuatkan Rekening Tabungan’

Arafura News

Sosok Seorang Paulus Waterpauw Di Mata Kapolres Merauke

Arafura News

Kapolres : Kalau Mabuk Pasti Saya Tangkap

Arafura News

Meski Pandemi Home Visit Tetap Digiatkan

Arafura News

27 Polisi Ikut Tes Bela Diri

Arafura News

Polres Merauke Gencar Cegah Penyebaran Covid

Arafura News

Home Industri Kapolres Merauke Makin Dikenal

Arafura News

Prihatin Dengan Masalah Pemalangan

Arafura News