Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Empat OPD Wajib Selesaikan Temuan BPK Sesuai Batas Waktu

SENTANI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura secara terus menerus melakukan pembenahan terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal tersebut bertujuan agar kedepannya Bumi Khenambay Umbay mampu mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di tahun 2018 ini.

Kepala Inspektorat Kabupaten Jayapura, Edi Susanto, meminta dengan tegas setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, berkewajiban untuk menyelesaikan seluruh temuan dari hasil pemeriksaan atau rekomendasi yang dilakukan oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan).

“Ya, hasil rekomendasi-rekomendasi BPK terhadap empat (4) OPD tersebut telah menadatangani keterangan pertanggungjawaban mutlak bahwa dari mereka akan sanggup mengembalikan (menyelesaikan) rekomendasi BPK itu sebelum tanggal 14 Februari 2018 ini,” kata Edi ketika ditanya wartawan, di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (8/2/18).

Menurut Edi, itu semua sesuai dengan hasil dari sidang MP-TPTGR terkait rekomendasi BPK terhadap empat (4) OPD dimana menyanggupi menyelesaikan rekomendasi temuan-temuan BPK.

Selain itu, kepada OPD-OPD lain yang belum menyelesaikan rekomendasi BPK dan juga rekomendasi baik atas temuan-temuan Inspektorat, BPKP maupun di masing-masing Irjen Kemeneterian itu akan diselesaikan melalui forum sidang MP-TPTGR.

“Untuk itu, saya minta rekomendasi-rekomendasi temuan oleh BPK itu wajib diselesaikan tepat waktu,” pintanya.

Dijelaskannya, melalui forum sidang MP-TPTGR itu yang akan menindaklanjutinya bagaimana dan kenapa sampai tidak bisa diselesaikan.

“Hasil dari sidang TPTGR ini, kalau itu berkaitan dengan perbendaharaan akan dilaporkan kembali kepada BPK guna mendapatkan status dari tindaklanjut tersebut,” ungkapnya.

Disampaikan, surat keterangan pertanggungjawaban mutlak (SKTJM) yang ditandatangani empat (4) OPD itu nilainya mencapai ratusan juta rupiah.

“Oleh karena itu, apabila tidak bisa di selesaikan hingga batas waktu yang di tentukan dari SKTJM, yang merupakan komitmen empat OPD yang di tandatangani bermaterai, maka akan ada langkah-langkah lanjutan sesuai dengan ketentuan.

“Kami berharap kesepakatan yang sudah di tandatangani itu, agar di laksanakan dan di selesaikan sesuai batas waktu kesanggupan,” harapnya.