Pasific Pos.com
Papua Selatan

Eko Mardiana : Data Susenas Diharap Makin Baik

MERAUKE,ARAFURA,-Kabid Neraca Wilayah Dan Analisis Statistik BPS Provinsi Papua, Eko Mardiana mengharapkan agar data Susenas tahun ini akan semakin baik sehingga dapat mencerminkan keadaan real yang betul-betul terjadi di masyarakat dan dapat digunakan sebagai evaluasi dan perencanaan pembangunan ke depan.

Susenas adalah survey yang telah dilakukan oleh BPS secara rutin setiap tahun dan selalu didahului dengan pelatihan karena banyak indikator yang dihasilkan dari Susenas. Di antaranya adalah data tentang kemiskinan, pengangguran dan IPM.

“Jadi petugas sebelum turun ke lapangan harus dibekali dulu karena perlu memahami konsep dan definisi yang ada mengingat cukup banyak indikator yang harus didata mencapai jumlah ratusan sehingga pemahaman harus diseragamkan,”ujarnya kepada wartawan di CoreInn Hotel belum lama ini.

Menurutnya, setiap melakukan kegiatan harus terstandarisasi sehingga secara kualitas data juga akan semakin baik. Terkait dengan angka kemiskinan yang menurun menunjukkan bahwa indikator kesejahteraan sudah semakin membaik. Memang untuk di wilayah Papua peningkatan angka kemiskinan hanya sedikit namun khusus untuk Kabupaten Merauke tingkat kesejahteraannya justru sudah membaik.

Indikator dari kemiskinan adalah konsumsi rumah tangga, jika penduduk mengkonsumsi di bawah 2.100 kalori maka itu berarti di bawah garis kemiskinan. Selain itu ada pula indikator fasilitas kesehatan, sarana prasarana, perumahan dan lain sebagainya. Ia juga menjelaskan tentang kerangka sampel area untuk mengestimasi tentang lahan-lahan pertanian yang nantinya menghasilkan padi.

Pasalnya, Indonesia sekarang ini tengah hangat-hangatnya membahas persoalan stok beras. Karena ini soal pangan maka BPS diminta langsung oleh Presiden untuk melakukan pendataan di mana langkah yang pertama adalah terkait lahannya dulu lalu produksi dan tanaman. Sebab padi adalah makanan pokok bagi Indonesia dan Merauke sangat berkompeten untuk hal ini karena di kawasan Papua, Merauke adalah sentra penghasil padi. Bahkan diharapkan ke depan, khusus untuk Papua sebagian besar stoknya didukung dari Merauke.