Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis Headline

E-Mobility Day, Expo Ekosistem Kendaraan Listrik Terbesar Besutan PLN di Bali

PLN gelar pameran E-Mobility di Denpasar Bali. (Foto : Istimewa)

Jakarta – PT PLN (Persero) terus mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik untuk mendukung transisi energi bersih di Tanah Air. Untuk mengenalkan masyarakat terhadap kendaraan listrik, PLN menggelar PLN E-Mobility Day: Driving The Future pada 18 – 24 Juli 2022 di Denpasar, Bali.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyatakan, PLN E-Mobility Day: Driving The Future digelar sebagai salah satu ruang edukasi bagi masyarakat mengenai kendaraan listrik. PLN berharap dengan acara ini awareness (kesadaran) masyarakat terhadap kendaraan listrik semakin luas.

Agenda ini berisi konvoi kendaraan listrik Jakarta-Bali, eksebisi hingga test drive kendaraan listrik. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya PLN mengajak masyarakat untuk beralih ke energi bersih.

“Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20 ingin menunjukan kepada dunia bahwa upaya penurunan emisi karbon secara global dilakukan bersama tak hanya oleh pemerintah tetapi juga masyarakat,” kata Darmawan.

Dirinya menambahkan, acara ini bakal dimeriahkan oleh Fitra Eri, salah satu pembalap dan otomotif enthusiasts dalam sesi diskusi bertajuk Life Changing Experience Using Electric Vehicle yang bertempat di Level 21 Mall Denpasar pada 24 Juli 2022 mendatang.

Sebagai wujud kolaborasi dengan pengguna dan pemakai kendaraan listrik, PLN juga mengadakan konvoi mobil listrik dari Jakarta ke Denpasar yang akan diikuti oleh enam anggota Komunitas Mobil Elektrik Indonesia (KOLEKSI).

Ketua KOLEKSI, Arwani Hidayat beserta anggota KOLEKSI antusias mengikuti konvoi tersebut. Konvoi ini akan memberikan pengalaman bahwa mengendarai mobil listrik untuk jarak jauh sangat aman, menyenangkan, dan efisien.

“Kita akan coba buktikan, dengan dukungan infrastrutkur SPKLU dari PLN, mengendarai mobil listrik dari Jakarta ke Denpasar itu mudah,” ucap Arwani.

PLN juga menghadirkan pameran kendaraan roda empat maupun roda dua berbasis listrik maupun baterai yang diikuti oleh berbagai industri mobil dan motor. Sebut saja Hyundai, Nissan, Toyota, Wuling, DFSK, Gesit, Volta, VIAR, Smoot, dan TVS.

Selain pameran kendaraan listrik, acara ini juga didukung eksibitor dari PLN Insurance yang menawarkan produk asuransi kendaraan listrik, serta BNI dan Bank Mandiri akan mengulas bisnis franchise SPKLU yang menjadi peluang bisnis baru sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam era kendaraan listrik ke depan.

PLN juga menyajikan berbagai infrastruktur pendukung kendaraan listrik, seperti SPKLU Cloud, Home Charging, Ultra Fast dan Fast Charging sebagai bukti bahwa Indonesia siap beralih dari kendaraan berbasis BBM menjadi kendaraan berbasis listrik.

“Masyarakat tak perlu ragu lagi untuk beralih menggunakan kendaraan listrik karena PLN siap menjadi mitra dan penyedia kebutuhan listrik dalam membangun ekosistem kendaraan listrik,” tutup Darmawan. (Red)