Pasific Pos.com
Papua Selatan

E-Government Tingkatkan Kualitas Pelayanan

MERAUKE,ARAFURA,- Rendahnya kualitas pelayanan terjadi hampir pada semua aspek pelayanan publik, baik pada aspek pelayanan jasa, pelayanan administratif dan pelayanan barang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dan sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan jaringan elektonik. Hal tersebut, juga didasari oleh kenyataan bahwa masyarakat sudah semakin terbiasa dengan jaringan tersebut.
Asisten II Setda Kabupaten Merauke, Gregorius Tuantana mengatakan jaringan berbasis teknologi internet yang digunakan oleh pemerintah tersebut dikenal dengan nama e-government. Tujuan besar penerapan e-government system adalah untuk menciptakan tata kelola pemerintah yang baik, dimana layanan pemerintah bersifat transparan, akuntabel dan bebas korupsi.

“Dalam penyelenggaraannya, e-government system mengacu pada dua hal yakni penggunaan teknologi informasi yang memanfaatkan jaringan internet dan terbangunnya sebuah sistem baru dalam tata kelola pemerintah,” tuturnya di Swiss-Belhotel, Senin (16/7).

Menurutnya, buruknya citra pelayanan publik di Indonesia perlu berkaca pada populernya e-government system di negara barat. Maka tahun 2002, e-government system mulai diadopsi di Indonesia sebagai sebuah inovasi baru dalam bidang pemerintah. Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi berpengaruh terhadap penyelenggara pemerintah secara signifikan.

Sejalan dengan berkembangnya pembangunan internet dilingkungan pemerintah dan masyarakat. Maka pemerintah menyikapinya dengan menggunakan teknologi tersebut sebagai alat untuk memperlancar dan meningkatkan kualitas penyelenggara pemerintah. “Untuk implementasi e-government pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dan strategi pengembangan e-government yang dituangkan melalui Inpres Nomor 3 Tahun 2003,” ujarnya.

Sedangkan ditingkat pemerintah daerah, masing-masing mengembangkan situs resmi daerahnya, situs ini berisi informasi mengenai daerah masing-masing. Adapun manfaat dari pengembangan e-government adalah memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada stake holder terutama dalam hal kinerja, efektivitas dan efisiensi di berbagai bidang kehidupan bernegara.

Serta meningkatkan transparansi, kontrol dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep good corporate. Dikatakan lebih lanjut, dapat mengurangi secara signifikan total biaya administrasi relasi dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun stake holder untuk keperluan aktivitas sehari-hari.

Hal ini sejalan dengan salah satu misi Kabupaten Merauke dengan melihat kondisi geografis Kabupaten Merauke maka salah satu aspek aksesbilitas yang mendapat prioritas adalah jaringan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
Konsep e-goverment yang merupakan perpaduan antara pelayanan pemerintahan, pembangunan dan pemanfaatan teknologi informasi di lingkungan pemerintah Kabupaten Merauke guna menuju terwujudnya tata laksana pemerintahan yang baik dan bersih.