Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Dukung PON, Pemkab Jayapura Lakukan Gerakan Tanam Sayuran dan Buah

SENTANI – Guna mendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 mendatang, Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) bekerja sama dengan DTPH Provinsi Papua, melakukan gerakan tanam sayur-sayuran dan buah-buahan.

Penanaman yang berlangsung di lahan milik Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Bugis Baru di Kampung Doyo Lama Distrik Waibu, Jumaat (25/10) pagi tersebut dihadiri sekaligus tanam perdana oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si.

Usai lakukan penanaman, kepada wartawan bupati menjelaskan, Kabupaten Jayapura secara keseluruhan memiliki lahan-lahan yang sangat potensial untuk pengembangan usaha pertanian.

Dikatakan, hampir sebagian besar wilayah di daerah ini memiliki lahan-lahan kosong. Kedepan, lahan-lahan tersebut boleh digunakan warga untuk mengembangan usaha pertanian.

Menurut Bupati, dengan hadirnya Gapoktan Bugis Baru di tengah-tengah penduduk asli dapat mendorong minat dan keinginan penduduk setempat untuk menekuni usaha pertanian.

“Kita ketahui bahwa, kebutuhan suplai bahan makan saat pelaksanaan PON pasti tinggi, sebab itu masyarakat kita akan dorong menekuni usaha pertanian demi memenuhi kebutuhan sayur dan buah bagi peserta PON XX Tahun 2020,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas TPH Provinsi Papua, Ir. Semuel Siriwa, M.Si menyatakan, Kabupaten Jayapura merupakan Kabupaten/Kota di Provinsi Papua yang pertama melakukan aski gelar tanam sayur-sayuran dan buah-buahan demi mendukung pelaksanaan PON XX mendatang.

Dirinya menerangkan, ada sejumlah kabupaten/kota di Papua yang ditetapkan untuk mengsuplai sayur dan buah pada saat PON XX Tahun 2020 mendatang.

“Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, Kabupaten Mimika, Kota Jayapura dan beberapa daerah lainnya tetapi yang lebih cepat merespon adalah Kabupaten Jayapura sehingga kita boleh melalukan penanam perdana seperti ini,” tandas Kadis TPH Provinsi Papua.

Semuel juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati  dan Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura yang dengan sigap menyambut rencana penyediaan lahan kebun untuk mensuplai sayuran dan buah saat PON XX Tahun 2020.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yokhu, SP, MM menyebutkan, Kabupaten Jayapura memiliki sejumlah Kelompok Tani (Poktan) yang tersebar di beberapa distrik, baik di Wilayah Pembangunan (WP) I, II, III dan IV.

Yokhu mengatakan, semua kelompok tani di Kabupaten Jayapura kedepan akan dibina oleh pihaknya untuk menjadi Poktan-poktan mandiri dan unggul sehingga saat PON XX berlangsung mampu memebuhi buah dan sayuran sesuai jumlah yang diminta.

“Kami berharap supaya Gapoktan Bugis Baru ini dapat mengolah lahan ini dengan baik supaya memberikan hasil yang maksimal. Baik untuk peningkatan ekonomi keluarga tetapi juga untuk persiapan PON XX Tahun 2020 mendatang,” pungkasnya.

Kegiatan tanam sayur-sayuran dan buah-buahan tersebut dihadiri juga oleh, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura, kepala OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura dan tamu undangan lainnya.

Selain itu juga dirangkai dengan penyerahan alat pertanian Cultivator dan paket benih kepada kelompok tani.