Pasific Pos.com
Headline

Dukung PON, Lanud Silas Papare Jayapura Dapat Penghargaan

Gubernur Papua, Lukas Enembe menyeragkan penghargaan kepada Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi didampingi Kepala KPKNL Jayapura Widyantoro disela-sela Upacara HUT RI ke-76 di Gedung Negara Dok V Jayapura, Selasa, (17/8).

JAYAPURA – Kesuksesan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua tentu tak lepas dari dukungan semua pihak.

Keterlibatan dari Lanud Silas Papare Jayapura dalam memanfaakan lahan untuk pembangunan infrastruktur pendukung PON mendapat apresiasi dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Jayapura (KPKNL Jayapura) dengan memberikan piagam penghargaan kepada TNI Lanud Silas Papare.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe kepada Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi didampingi Kepala KPKNL Jayapura Widyantoro disela-sela Upacara HUT RI ke-76 di Gedung Negara Dok V Jayapura, Selasa, (17/8).

Kepala KPKNL Jayapura Widyantoro mengatakan bahwa pemberiaan piagam kepada Pangkalan TNI AU Silas Papare sebagai bentuk penghargaan atas kinerjanya dalam pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) untuk mendukung PON XX Papua.

“Penghargaan tersebut diberikan karena persetujuan pinjam pakai BMN yang telah diterbitkan oleh KPKNL Jayapura telah ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama antara Lanud Silas Papare dengan Pemerintah Provinsi Papua. Dimana, BMN yang dipinjampakaikan untuk pembangunan infrastruktur PON berlokasi di Jalan Raya Kemiri Sentani, dengan total luasan 198.210 meter persegi,” katanya.

Menurut Widyantoro, terhadap BMN tersebut akan digunakan sebagai arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2021 antara lain arena Lapangan Menembak Outdoor, Soft Ball, Base Ball dan Rugbi.

“Pemberian piagam apresiasi juga sebagai bentuk motivasi bagi satuan kerja lainnya untuk lebih optimal dalam pengelolaan BMN sesuai dengan koridor peraturan dann ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Dia menjelaskan KPKNL Jayapura adalah salah satu unit vertikal dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara

Kementerian Keuangan yang merupakan representasi Menteri Keuangan RI di bidang Pengelolaan BMN di Propinsi Papua.

“Kami akan terus mendorong penggunaan dan pemanfaatan BMN secara optimal agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mewujudkan tiga tertib dalam pengelolaan BMN, yaitu tertib fisik, tertib administrasi dan tertib hukum,” katanya lagi.

Dia menambahkan BMN yang ada di K/L maupun TNI/Polri penggunaan dan pemanfaatannya diharapkan bisa seoptimal mungkin dapat memberikan revenue berupa PNBP, mendorong pemulihan ekonomi nasional dan tumbuh kembangnya UMKM.

“Hal ini sejalan dengan visi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, yaitu menjadi pengelola kekayaan negara yang profesional dan akuntabel dalam rangka mendukung visi Kementerian Keuangan, yaitu menjadi pengelola keuangan Negara untuk mewujudkan perekonomian Indonesia yang produktif, kompetitif, inklusif dan berkeadilan serta untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi mengakui jika Lanud Silas Papare sejak awal sangat mendukung pemerintah dalam mensukseskan PON XX di bumi Cenderawasih.

Menurutnya, ada empat venue yang dibangun oleh pemerintah Papua dilahan milik Lanud Silas Papare yakni Lapangan Menembak Outdoor, Soft Ball, Base Ball dan Rugbi.

“Lahan Lanud Silas Papare ini kami sudah laporkan Negara dan lahan ini akan kita manfaatkan juga untuk kepentingan kesejahteraan rakyat disepanjang jalan Kemiri Sentani,” jelasnya.

Artikel Terkait

PT Freeport Jadi Sponsor PON XX Papua

Bams

Official Theme Song PON XX Papua 2021 Dirilis

Bams

Tim Catur Papua Diperkuat Grand Master

Bams

Bus PON Bantuan Pemerintah Pusat Tiba di Jayapura

Bams

Seniman Papua Harus Terlibat Sukseskan PON XX

Bams

Yunus Wonda: Papua Siap Gelar PON XX

Bams

Yanto Eluay dan Yonas Nussy Apresiasi Bantuan Alkes Panglima TNI

Jems

Kunjungi Danlanud Silas Papare, Yonas Nussy Bahas Prioritas SDM Papua

Jems

PB PON bersama Lanud Silas Papare Gelar Rapat Persiapan Simulasi Kedatangan Kontingen

Jems