Pasific Pos.com
Papua Selatan

Dukung Gerakan Non Tunai, Bank Mandiri Gencar Edukasi Nasabah

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala Bank Mandiri Cabang Merauke, Dagomes Lein mengemukakan bahwa Bank Mandiri siap mendukung upaya pemerintah melalui “Gerakan Non Tunai” dengan terus berupaya memberikan edukasi kepada nasabah untuk dapat aktif menggunakan fasilitas Mobile Banking Bank Mandiri karena sangat komplit. Untuk penerapan di Merauke selama ini, otomatis bagi nasabah yang membuka rekening akan diberikan ATM oleh Bank Mandiri lalu pengaktifan SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking. Bahkan sejumlah nasabah yang notabene pengusaha juga banyak yang mengaktifkan Mandiri Internet Bisnis.

Hanya saja jika dibandingkan untuk komposisi nasabah yang menggunakan Internet Banking dan Mandiri Internet Bisnis diakui belum terlalu banyak. Namun pihaknya berharap semua layanan dan fasilitas ini dapat masuk ke seluruh nasabah agar uang tunai tidak terlalu banyak beredar. “Kita sedang kerjakan bersama tim transaksi sehingga ketika semua merchant di sentra-sentra bisnis sudah terpasang mesin EDC maka customer dapat memanfaatkan fasilitas tersebut. Pihak merchant di saat melayani pembayaran tagihan dan sebagainya juga sudah menggunakan system.

Diharapkan uang tunai yang beredar di daerah ini dapat ditekan sesuai dengan upaya pemerintah melalui Gerakan Non Tunai dimana Bank Mandiri sangat gencar mendukung upaya tersebut,”terang Dagomes kepada ARAFURA News di ruang kerjanya Jumat (22/6). Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa edukasi akan tetap dilakukan secara maksimal terutama saat bertransaksi dengan Bank Mandiri. Misalnya ketika nasabah hendak mengganti kartu atau membuka rekening maka pihaknya akan selalu menginformasikan bahwa kartu ATM tersebut dapat digunakan juga untuk bertransaksi non tunai di sejumlah merchant sehingga mengurangi penggunaan uang tunai.

Saat ini pihaknya juga tengah focus merealisasikan beberapa program di antaranya mengedukasi kasir di setiap merchant dimana ada mesin EDC Bank Mandiri. Dengan demikian mereka akan terbiasa melayani pembayaran non tunai. Apalagi hampir semua tempat center service di Kota Merauke telah terpasang mesin EDC milik Bank Mandiri dan ketika proses pemasangan kasir langsung ditraining. Hanya saja di beberapa toko sering berganti-ganti kasir sehingga pihaknya harus kembali mendatangi dan melakukan training ulang.