Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Dukung Event FDS XI, Dinas TPH Kabupaten Jayapura Dirikan Stand

SENTANI – Dinas Tanaman Pagan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura menggelar stand pada iven Festival Danau Sentani (FDS) XI Tahun 2018 yang berlokasi di Kawasan Wisata Pantai Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Kamis (21/6/18) Siang.

Dinas TPH Kabupaten Jayapura dalam kesempatan ini memamerkan hasil-hasil tanaman pangan dan juga produksi petani di Kabupaten Jayapura.

“Kita di Dinas TPH pada iven FDS tahun 2018 ini sebagai pendukung untuk kegiatan-kegiatan FDS. Karena apa yang ada di Dinas TPH itu adalah khususnya kita memperkenalkan kepada masyarakat secara umum tanaman pangan dan tanaman-tanaman yang kita kerjakan ini diusahakan untuk masyarakat bisa mengkonsumsinya,”ucap Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, SP. MM, ketika dikonfirmasi wartawan di standnya, Kamis (21/6/2018) siang.

Dikatakan, dalam iven FDS ini pihaknya menampilkan beberapa bahan pangan baik beras merah dan juga beras Khenambai Umbai atau padi varietas inpari, yang merupakan produksi petani dari Kabupaten Jayapura.

“Kemudian kita juga tampilkan umbi-umbian dan sayur-sayuran, yang ditampilkan dengan cara hidroponik (menggunakan sistem pot maupun polyback). Selain itu, ada cabai, tomat, kemudian kita tampilkan bibit durian, mangga, jeruk dan bibit sayur-sayuran,” terangnya.

Menurut Adolf Yoku, tanaman-tanaman pangan dan produk-produk pangan yang ditampilkan ini dalam rangka pelayanaan kepada masyarakat pengunjung iven FDS XI Tahun 2018.

Kami juga mempersiapkan fasilitas-fasilitas sarana yang ada di Dinas TPH seperti sarana alat mesin pertanian (Alsintan), kita juga ada tampilkan traktor roda empat dari berbagai merk, hand tracktor, pompa air, mesin tanam serta mesin panen. Semua ini dalam rangka pelayanan kepada masyarakat dan juga ada disiapkan di UPTD Dinas TPH Kabupaten Jayapura, tuturnya.

Dinas TPH Kabupaten Jayapura juga menampilkan tanaman-tanman hias dan produk-produk yang dihasilkan dari Asosiasi Pasar Tani yang merupakan binaan Dinas TPH Kabupaten Jayapura.

Pada kesempatan ini banyak pula tanggapan dari beberapa pengunjung berkaitan dengan tanaman pangan dan hortikultura.