Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Dubes Jepang Tertarik Dengan Potensi Wisata Milik Kabupaten Jayapura

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw sedang memaparkan potensi pariwisata dan potensi lainnya kepada Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia, Mr. Ishi Masafumi bersama rombongan di Ruang Tamu VIP Kantor Bupati Jayapura, Jumaat (21/02) pagi.

“Hal utama dari obyek wisata danau adalah kebersihan danau itu sendiri. Danau Biwa di negara kami, bertahun-tahun bertaut dengan masalah kebersihan. Tetapi setelah kami berkomitmen untuk menjadi Danau Biwa sebagai tempat wisata maka selama 40 – 50 tahun kami bekerja membersihkan danau tersebut,” jelasnya.

Dilanjutkannya, setelah masalah kebersihan ditangani dalam kurung waktu 50 tahun maka selanjutnya Danau Biwa ditetapkan menjadi obyek wisata di Provinsi Shiga. Hingga saat ini, Danau Biwa menjadi salah satu tujuan wisatawan dunia.

“Kami akan menindaklanjuti ajakan Bupati Jayapura untuk bekerjasama dalam bidang pariwisata dengan menginformasikan kepada wistatawan asal Jepang untuk mengunjungi Danau Sentani, tetapi sebelumnya Pemerintah dan Masyarakat Jayapura harus menjamin keamanan wisatawan,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw meminta Dubes Jepang untuk memberikan dukungan dan kerjasama pada bidang kepariwisataan, karena alam dan beberapa potensi wisata daerah sama dengan yang dimiliki oleh Jepang.

Bupati mencontohkan, Kabupaten Jayapura memiliki Danau Sentani dan Gunung Cycloop yang sama persis dengan di Jepang, yakni Danau Biwa. Hanya saja, luasnya yang berbeda, Danau Biwa lebih luas daripada Danau Sentani. Tetapi jika dikembangan, pesona wisata Danau Sentani akan menjadi indah seperti Gunung Biwa.

“Kami berharap supaya melalui pertemuan hari ini, dengan hasil pemaparan kami dapat menggugah Pemerintah Jepang untuk membuka diri, mengajak kami kerjasama di bidang kepariwistaan. Dengan demikian, sektor kepariwisataan menjadi andalan bagi bagi daerah,” harap Bupati Jayapura

Artikel Terkait

Dishub Berikan Id Card Bebas Corona ke Puluhan Pedagang Keliling

Jems

Komisi IV DPR Papua Pantau Situasi Penerapan Pembatasan Aktivitas Warga

Tiara

Pandemi Covid-19, Urus KTP Elektronik Bisa di Kampung dan Distrik

Jems

Positif Corona di Kabupaten Jayapura Bertambah Menjadi 57 Kasus

Jems

Warga Kabupaten Jayapura Wajib Gunakan Masker

Jems

Diperketat, Dishub Kabupaten Jayapura Awasi Kendaraan Umum

Jems

Setelah Ikut Rapid Test, Ratusan Sopir di Kabupaten Jayapura Dibekali Tanda Pengenal

Jems

Bupati Mathius Sebut Berkebun Hendaknya Jadi Solusi di Masa Covid-19

Jems

Kapolda dan Tim Posko The Spirit Of Papua Berikan Bantuan Sembako di Dua Gereja

Jems