Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Dua TPS Di Kuala Kencana Laksanakan PSU

 

Timika, Dua tempat pemungutan suara (TPS) di distrik Kuala Kencana kabupaten Mimika Rabu (4/7) melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU).

PSU dilakukan karena pelaksanaan pemungutan suara yang dilakukan 27 Juni lalu tidak menggunakan sistim satu orang satu suara tetapi menggunakan sistim noken. Padahal di Mimika sistem noken sudah tidak diberlakukan.

Dari pantuaan di lapangan, sejak pagi tampak masyarakat sangat antusias menggunakan hak pilihnya. Walau hujan mengguyur kota Timika masyarakat tetap melakukan pemilihan di TPS 7 dan 8.

Pelaksanaan PSU ini atas rekomendasi Bawaslu propinsi Papua. “Pada tanggal 29 Juni 2018, kami menerima surat dari Bawaslu Papua selaku Panwaslu Mimika untuk melaksanakan PSU di dua TPS, yakni TPS 07 dan TPS 08. Pasalnya di TPS tersebut dilaksanakan sistim noken, yang sudah tidak diperbolehkan di Mimika,” kata Ketua KPU Mimika, Yoel Luis Rumaikewi saat ditermui di Kantor KPU Mimika.

Luis Rumaikewi menjelaskan dengan pelaksanaan PSU ini, maka hasil pleno rekapitulasi di tingkat Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Kuala Kencana untuk TPS 07 dan 08 belum final. Karena sudah ada rekomendasi dari Panwaslu Mimika. Dan pihaknya sudah berkoordinasi dengan PPD bahwa ada dua TPS yang akan dilakukan PSU.