Pasific Pos.com
Papua Tengah

Dua TPS di Kampung Taumi Gelar PSU

NABIRE – Informasi yang diterima media ini dari pihak KPU Nabire, Pemungutan Suara Ulang (PSU) akan dilakukan pada 2 TPS di Kampung Taumi, Distrik Wapoga. Logistik untuk pelaksanaan PSU di 2 TPS itu, telah dibawa oleh PPD setempat, Minggu (1/7) pagi. Menurut informasi, Panwas Nabire juga telah turun ke lokasi untuk memantau jalannya PSU tersebut. Pihak KPU Nabire direncanakan Senin (2/7) pagi ini juga akan bertolak ke lokasi PSU.

Seperti diberitakan sebelumnya, Panwaslu Kabupaten Nabire mendalami persoalan adanya dugaan pelanggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua tahun 2018 yang dilaksanakan di Distrik Wapoga, Rabu 27 Juni 2018 kemarin. Sesuai data dan informasi yang diterima media ini menyebutkan, adanya pemindahan Tempat Pemungutan Suara (TPS) disatu titik, yakni dugaan pencoblosan dilakukan di Totoberi. Terkait hal ini Ketua Panwaslu Kabupaten Nabire, Adriana Sahempa, ketika dikonfirmasikan membenarkan dugaan tersebut.

Sehingga, pihaknya saat ini masih melakukan pendalaman informasi tersebut dan Panwaslu Nabire telah mengutus anggota Panwaslu tingkat kabupaten untuk mengecek hal itu dengan berkoordinasi dengan Panwas Distrik dan Panwas lapangan.

Dalam keterangannya Ketua Panwaslu menyampaikan, ketika ditemukan adanya pemindahan TPS lantaran dalil persoalan yang tidak mendasar untuk mempengaruhi atau harus ada penundaan hingga pemindahan tempat pemungutan suara, seperti terjadi bencana alam ataupun musibah lainnya, maka hal itu tidak dapat dilaksanakan.

Untuk itu, bila nanti dipastikan akan ada temuan maka kemungkinan besar bisa dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk TPS yang ada di Distrik Wapogo tersebut yang dinilai bermasalah tersebut. Hal ini sebenarnya sangat tidak diharapkan untuk kita semua.

“Kami sangat tidak mengharapkan adanya pelanggaran maupun sampai temuan yang menghambat tahapan Pilgub itu sendiri,” pungkasnya. (ros/wan)