Pasific Pos.com
Papua Barat

Dua Rumah Warga Kaimana Ludes Dilalap Si Jago Merah

Kaimana, TP – Dua rumah warga di Kabupaten Kaimana, Selasa (6/3) sekitar pukul 11.30 WIT, ludes dilalap si jago merah.

Diduga, kebakaran yang menimpa rumah Jimmy Murmana dan Acon Furima itu, akibat hubungan arus pendek listrik. Diperkirakan, kedua korban mengalami kerugian hingga ratusan juta Rupiah.

Dari pantauan Tabura Pos di sekitar tempat kejadian perkara (TKP), sekitar 30 menit setelah dikabarkan ada kebakaran, 2 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dan 1 unit mobil tangki air milik Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dikerahkan ke lokasi untuk membantu memadamkan api.

Meski sempat hujan rintik-rintik, tetapi tidak bisa menjinakkan kobaran api, sehingga api terus membesar. Setelah berjibaku memadamkan api sekitar 1,5 jam, gabungan anggota Satpol PP, anggota Polres Kaimana, dan warga berhasil memadamkan kobaran api.

Pascalina Furima, adik dari Acon Furima mengaku, setelah mengetahui kobaran api dari rumah Jimmy Murmana, dia tidak sempat lagi menyelamatkan barang-barang berharga.

“Saya tidak sempat selamatkan barang-barang berharga lain, karena api sudah membesar di atas plafon, sehingga saya dan anggota Satpol, teman ASN hanya mampu menyelamatkan dokumen penting saja,” ungkap Pascalina Furima kepada para wartawan di TKP.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi di sekitar TKP, kebakaran ini diduga akibat korsleting listrik dari colokan listri. Selanjutnya, api merembet ke pohon Natal dan membakar kursi sofa yang berada di dekatnya.

Sementara istri dari Jimmy Murmana, mengaku jika korsleting listrik berasal dari terminal colokan di ruang tengah. Dikatakannya, saat itu dia sedang keluar rumah mengambil pakaian di jemuran karena hujan.

“Saya tidak sempat menyelamatkan barang-barang penting lain atau peralatan rumah tangga. Saya hanya selamatkan dokumen penting seperti ijazah dan surat-surat penting,” katanya. [CR41-R1]