Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Dua OPD di Kota Jayapura akan Mendapatkan Penghargaan dari ORI Papua

 

JAYAPURA, – Dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Kota Jayapura akan mendapatkan sertifikat penghargaan pelayanan publik dari Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Papua.

“Yaitu Dispendukcapil dan DPM-PTSP karena sudah masuk zona hijau,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman RI Papua Iwanggin Sabar Olif saat di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (17/1/18).

Kata Iwanggin, dua OPD dimaksud sudah melakukan pelayanan publik yang didasarkan paada kepatuhan terhadap standar pelayanan dan kompetensi penyelenggaran pelayanan sesuai dengan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Misalnya pelayanan e-KTP, izin yang tidak terlalu sulit, transparan, akuntabel dan bisa dipertanggungjawabkan secara hukum,” kata Iwanggin.

Iwanggin menjelaskan, kedua OPD tersebut begitu juga OPD lainnya pada 2016 masuk dalam zona merah. Namun, di 2017 Dispendukcapil dan DPM-PTSP masuk zona hijau, begitu juga dengan OPD lainnya secara keseluruhan sudah masuk di zona kuning.

“Kami sangat memberikan apresiasi atas upaya Pemerintah Kota Jayapura untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Zona merah ada beberapa OPD yang nilainya sudah semakin baik,” kata Iwanggin.

“Yang masih zona merah kami sudah bertemu dengan inspektorat untuk melakukan bimbingan teknis (bimtek) untuk beberapa OPD yang masih zona merah. Kami lakukan pendekatan-pendekatan kepada instansi terkait untuk melakukan pemeriksaan,” kata Iwanggin menambahkan.

Lanjut Iwanggin, bagi penyelenggara pelayanan sudah menjadi kewajiban memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan masyarakat sebagai pengguna layanan berhak mengetahui hak-haknya dalam pelayanan publik.