Pasific Pos.com
Papua Selatan

Dr.Indra: RAD KLA Jadi Panduan Bagi Seluruh OPD

MERAUKE,ARAFURA,-Direktur Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Pembangunan Semarang, Dr.Indra Pertati, M.Si mengemukakan bahwa  Rencana Aksi Daerah Kota Layak Anak (RAD KLA) adalah sebuah proses dimana Kabupaten Merauke akan berupaya menata kembali untuk memenuhi hak anak-anak. RAD KLA merupakan salah satu tahapan di dalam rangkaian pemenuhan hak anak karena sudah dimulai pada tahun 2014 lalu. RAD KLA ini selanjutnya akan menjadi panduan bagi seluruh OPD dalam menetapkan program dan kegiatan bagi OPD yang memenuhi hak-hak anak.

“Dengan RAD KLA ini diharapkan pemenuhan hak anak tidak hanya menjadi kewajiban dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tetapi semua OPD memiliki kewajiban yang sama termasuk stake holder dan media,”ujarnya kepada wartawan di ruang rapat kantor bupati belum lama ini.  Ia menjelaskan, selain komponen-komponen tersebut, diharapkan dunia usaha, partisipasi masyarakat dan dunia pendidikan juga dapat terintegrasi.

Adapun yang menjadi indikator dari KLA beberapa di antaranya adalah pemenuhan hak sipil dan kebebasan, pendidikan, kesehatan, perlindungan khusus untuk anak-anak dan kelembagaan. Semua itu perlu menjadi perhatian dan dipenuhi, misalnya yang terkait cakupan akta kelahiran, apakah di Merauke semua anak dari usia nol hingga 18 tahun sudah memiliki akta begitu pula dengan anak-anak yang selama ini hidup di jalan. Selain itu apakah anak-anak sudah mendapatkan haknya untuk bersekolah atau belum, hak mendapatkan layanan kesehatan dan lain sebagainya . Untuk mewujudkan KLA harus melalui sejumlah tahapan dan semua itu tergantung dari daerah yang bersangkutan, yang terpenting adalah tetap dengan komitmen, memiliki data dasar dan selanjutnya implementasi.