Pasific Pos.com
Papua Selatan

dr. Hendra: “Asmat Jumlah Peserta JKN-KIS Paling Rendah”

MERAUKE,ARAFURA,- Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke, dr. Hendra Jemmy Rompas mengatakan di wilayah Selatan Papua, Kabupaten Asmat menempati urutan terendah dalam jumlah kepersertaan Jaminan Kesehatan Nasional, Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Di Kabupaten Asmat, baru mencapai 73 persen yang memiliki kartu JKN-KIS. Pasalnya, sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Asmat belum menganggarkan untuk warga yang tidak mampu.

“Saya tidak tahu alasan Pemda Asmat belum mendaftarkan masyarakat yang tidak mampu. Yang pasti saat ini jumlah kepesertaan JKN-KIS yang paling terendah adalah Kabupaten Asmat,” tuturnya kepada ARAFURA News di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Ia menjelaskan, jumlah kepersertaan yang paling terbanyak adalah Kabupaten Merauke yakni 97 persen atau hampir semua memiliki kartu JKN-KIS. Ia mengakui, dari semua wilayah Selatan Papua, Kabupaten Merauke yang jumlah pesertanya terus bertambah. Tiga kabupaten yakni Merauke, Boven Digoel dan Mappi sudah komit untuk menganggarkan guna menjamin warga yang tidak mampu.

“Kalau untuk Kabupaten Mappi, Boven Digoel juga sudah menjaminkan warganya, tetapi Kabupaten Asmat belum menjaminkan warganya untuk mendapat pelayanan kesehatan. ” pungkasnya.

Ditambahkan, ketika Menteri Kesehatan RI berkunjung ke Asmat belum lama ini ia mengarahkan pemerintah kabupaten agar masyarakat memiliki jaminan kesehatan. Diduga, salah satu penyebab banyaknya masyarakat Asmat terserang campak dan gizi buruk karena tidak memiliki kartu untuk berobat ke tempat pelayanan kesehatan.