Pasific Pos.com
Papua Tengah

DPRD Turun Pantau Realisasi Dana Kampung

NABIRE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nabire turun memantau program dan pelaksanaan pembangunan di kampung yang dibiayai dengan Dana Kampung (Dankam) tahun anggaran 2017. DPRD akan turun mulai hari ini, Kamis (22/2) di lima distrik.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Nabire, Roy Wonda saat dihubungi mengatakan rakyat di daerah ini melalui wakilnya di lembaga legislatif telah mengajukan usulan program pembangunan di kampung yang dibiayai dengan dana kampung kepada pemerintah dalam tahun anggaran lalu. Oleh karena itu, anggota DPRD Nabire akan turun ke distrik untuk memantau realisasi pelaksanaan dari program pembangunan kampung yang dibiayai dengan dana kampung tahun anggaran 2017 di daerah ini.

Untuk kegiatan kunjungan kerja (Kunker) ke distrik, kata Wonda, anggota DPRD sudah dibagi atas lima kelompok yang akan turun ke distrik dengan sasaran lima distrik. Untuk itu, anggota dewan akan turun mulai hari ini sesuai dengan pembagian kelompok dan distrik sasaran.

Dalam kegiatan Kunker DPRD Nabire ke distrik, untuk kali ini akan turun monitor realisasi penggunaan dana kampung di beberapa distrik seperti Distrik Teluk Kimi, Makimi, Uwapa, Yaro Kibisai dan Distrik Siriwo. Turun kampung anggota dewan merupakan gabungan komisi dan fraksi di lembaga legislatif.

Salah seorang anggota dewan, Obed Senapa yang akan turun meninjau pelaksanaan dan realisasi dana kampung di Distrik Siriwo menilai, untuk kegiatan Turkam ke distrik jauh seperti Siriwo, tidak bisa turun tanpa pemberitahuan kepada masyarakat sebelumnya. Oleh karena itu, sebelum turun ke distrik dan kampung sebelumnya harus disampaikan kepada masyarakat setempat supaya ketika tiba ditempat sasaran, tidak mencari-cari masyarakat lagi. Ini beda dengan sasarannya di sekitar kota, hari itu juga bisa bertemu dengan masyarakat setempat di distrik atau kampung sasaran. (ans)