Pasific Pos.com
Papua Tengah

DPRD Minta Mekarkan Beberapa Kampung

NABIRE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nabire meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nabire untuk memekarkan beberapa kampung yang luas dan banyak penduduk agar dana kampung yang dikucurkan setiap tahun anggaran nampak di tengah masyarakat. Sebab, kalau kampung yang wilayahnya luas, pencapaian hasil pembangunan lewat dana kampung tidak akan nampak nyata.

Anggota Kelompok V yang melaksanakan hearing ke Distrik Teluk Kimi, Jumat pekan lalu, Roy Wonda mengatakan pencapaian hasil pembangunan kampung dari dana kampung di Distrik Teluk Kimi tidak nampak jelas, sekalipun program dan kegiatannya sudah dilaksanakan sesuai dengan mekanisme pengelolaan dana kampung. Karena, wilayah dari lima kampung di Distrik Teluk Kimi terlalu luas, kelompok V anggota DPRD Nabire yang hearing ke Distrik Teluk Kimi dipimpin Abelenstra Rotu Yoweni sebagai ketua.

Wakil Ketua II DPRD Nabire, Roy Wonda usai hearing di kediamannya, Jumat pekan lalu mengatakan pencapaian program pembangunan dari dana kampung di setiap kampung yang tersebar di Distrik Teluk Kimi tidak bisa diukur cepat. Karena wilayahnya luas sehingga terpencar dimana.

Oleh sebab itu, saat kelompok V anggota DPRD yang hearing ke Distrik Teluk Kimi, masyarakat dan kepala kampung meminta untuk memekarkan beberapa kampung agar pembangunan di kampung dari dana kampung bisa nampak. Karena, selama ini letak wilayahnya luas, sasaran program juga terpencar jauh-jauh sehingga tidak nampak.

Saat hearing bersama anggota dewan, masyarakat dari Teluk Kimi meminta memekerkan Kampung Waharia, Lani, dan Kimi meminta memekarkan kampung menjadi dua kampung. Sementara dari Kampung Samabusa meminta memekarkan menjadi tiga kampung.

Roy Wonda mengatakan DPRD Kabupaten Nabire menyambung aspirasi tersebut, meminta kepada pemerintah daerah agar memekarkan beberapa kampung di Teluk Kimi. Karena, cakup wilayah dari kampung-kampung di Distrik Teluk Kimi, cukup luas. Rata-rata setiap kampung terpencar atas 16 sampai 20 rukun tetangga (RT). Jumlah ini, banyak dan menunjukkan bahwa jangkauan wilayah dari satu kampung cukup luas.

Oleh sebab itu, Roy Wonda mengusulkan kepada pemerintah daerah untuk memekarkan beberapa kampung di Teluk Kimi agar bantuan dana kampung yang dikucurkan setiap tahun anggaran, manfaatnya nampak dan dinikmati oleh masyarakat. (ans)