Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

DPR Papua Serahkan APD dan Alkes Kepada Labkesda

Serahkan APD dan Alkes Kepada Labkesda
Wakil Ketua I DPR Papua, DR. Yunus Wonda dan Sekwan DPR Papua, DR.Juliana J Waromi, SE.M.Si saat menyerahkan bantuan alat kesehatan dan APD kepada Kepala Lebkesda, Dra. Selly Ajawaila,Apt.

Jayapura, – Dalam rangka penanganan penyebaran covid-19, di Provinsi Papua, Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) kembali menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan alat kesehatan atau (Alkes) kepada Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Papua, Kamis (11/6).

Pemberian bantuan alat kesehatan ini diserahkan oleh Wakil Ketua I DPR Papua, DR. Yunus Wonda didampingi Sekwan DPR Papua, DR. Juliana J Waromi, SE. M.Si sebagai pengguna anggaran yang sekaligus memfasilitasi pemberian bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan alat kesehatan lainnya kepada Labkesda Provinsi Papua.

Bahkan bantuan alat kesehatan ini yang ke tiga kalinya dilakukan DPR Papua beserta Sekretaris Dewan (Sekwan) DPR Papua dan diterima langsung oleh Kepala Labkesda Provinsi Papua, Dra. Selly Ajawaila, Apt.

Wakil Ketua I DPR Papua, DR. Yunus Wonda, SH MH mengatakan, pemberian Alkes ini semata-mata untuk membantu dan meringankan beban para tenaga medis yang mana telah bersentuhan langsung dengan pasien covid-19. Sehingga para tenaga medis ini merasa nyaman dalam menangani pasien-pasien yang terpapar covid.

“Jadi para dokter, juga perawat harus merasa nyaman dalam menjalankan tugas kemanusiaan ini. Karena tugas mereka ini sangat berat sehingga hal-hal seperti itu harus kita perhatikan dengan baik,” kata Waket I DPR Papua, Yunus Wonda ketika dihubungi Pasific Pos lewat via telepon, Kamis (11/6).

Untuk memberikan rasa nyaman itu lanjut Yunus Wonda, maka kita harus menyiapkan semua perangkat mereka.

“Seperti alat-alat kesehatan yang kita serahkan ini, mereka dapat gunakan untuk bisa melayani masyarakat yang terpapar covid-19,” ujarnya.

Diakui, jika alat-alat kesehatan yang diberikan oleh pihaknya itu sangat dibutuhkan oleh para tenaga medis saat ini.

“Mereka (tenaga medis) ini sangat senang dengan adanya pemberian bantuan Alkes ini. Sehingga ini bisa digunakan, bukan saja di Papua tetapi di kabupaten-kabupaten juga sangat memerlukan alat-alat kesehatan itu. Dan kami pun telah mengirim Alkes di sejumlah kabupaten yang ada di Papua,” ungkap Politikus Partai berlambang Mersy itu.

Yunus Wonda menambahkan, ini yang ketiga kalinya DPR Papua menyerahkan bantuan APD dan Alkes untuk Labkesda Provinsi Papua. Karena kami pikir ini sangat penting bagi para tenaga medis kita untuk bisa melayani dengan penuh percaya diri.

“Sebab jika mereka kena, otomatis akan mempengaruhi penanganan covid-19 yang saat ini sedang dilakukan progresnya,” imbuhnya.

Untuk itu pihakny berharap, para petugas medis ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan sabar dalam menghadapi pasien yang terinfeksi virus corona.

Sementara itu, Kepala Labkesda Provinsi Papua, Dra. Selly Ajawalia, Apt sangat mengapresiasi rasa kepedulian DPR Papua dan juga Sekwan DPR Papua yang begitu peduli terhadap tugas berat para tenaga medis.

“Kami bersyukur, kami bisa mendapat bantuan APD dan alat kesehatan lainnya dari DPR Papua. Ini memperlihatkan bagaimana rasa ikut terlibat terhadap kondisi wabah covid ini dari DPR Papua kepada kami tenaga kesehatan,” kata Kepala Labkesda Provinsi Papua, Dra. Selly Ajawalia ketika di dihubungi Pasific Pos lewat via telepon, Kamis (11/6), malam.

Diakui, kebutuhan APD ini sangat diperlukan, apalagi saat ini kondisi rutin yang harus pihaknya lakukan yakni melakukan pengambilan sample. Baik pemeriksaan PCR maupun rapid tes.

“Sehingga APD ini menjadi salah satu yang sangat penting untuk kami sebagai petugas, bagaimana kami bisa mengamankan diri kami sendiri dan juga mengamankan pasien. Karena dengan kami memakai APD lengkap. kami bisa terhindar dari infeksi bagi diri kami, maupun bagi pasien,” ujar Selly.

Selain itu lanjut Selly, kami pun mendapat bantuan VTM dan Aplikator. VTM ini adalah virus transport medium yang sangat dibutuhkan dan.

“Dan kami sebagai petugas, tugas kami adalah mendistribusikan VTM ini untuk melakukan pemeriksaan covid dengan menggunakan PCR. Ini kami berikan juga ke seluruh kabupaten di Papua. Jadi kabupaten di Papua juga menjadi bagian dan kami harus mendistribusikan VTM yang dibutuhkan ini,”jelas Dra. Selly.

“Kami pun bersyukur DPR Papua ikut terlibat dalam memberikan bantuan ini. Dan kami akan teruskan. Baik yang kami pakai tetapi kami juga akan teruskan kepada tiap rumah sakit yang ada di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura maupun kabupaten lainnya yang ada di Papua,” sambungnya.

Dirinya pun mengakui, jika ini yang ketiga kalinya DPR Papua memberikan bantuan APD dan Alkes.

“Kami sangat berharap, ada dari instansi-instansi atau lembaga-lembaga lain yang tergerak hati untuk membantu kami dalam memberikan bantuan seperti ini. Baik untuk di rumah sakit, Puskesmas dan juga bagi kami di Laboratorium. Kalaupun cuman satu atau dua paket saja yang diberikan, itu tidak apa-apa karena kami juga tahu semua orang ikut prihatin untuk bisa menyelesaikan masalah covid ini,” ungkapnya.

Menurut Dra. Selly, apa yang sudah dilakukan DPR Papua dan Sekwan DPR Papua dapat menjadi contoh bagi orang lain atau lembaga-lembaga lainnya yang bisa melihat ini.

“Jadi sekali lagi kami ucapkan terimakasih dan kami sangat mengapresisasi niat baik DPR Papua dan Ibu Sekwan Juliana Waromi yang sudah baik dalam membantu kami. Kami juga berharap ini bisa menjadi contoh bagi orang-orang maupun lembaga lainnya untuk bisa melihat ini,” pungkasnya.

Sekedar diketahui bantuan tersebut berupa Nasopharyngeal Swab + Oropharyngeal Swab + 2ml universal trasnport medium sebanyak 500 pcs.

Selain itu juga baju hazmat 50 pcs, Shoes Cover 50 pcs, Face Shield 50 pcs dan Masker Sensi KN95 sebanyak 50 pcs.

Artikel Terkait

BPK Akan Audit Dana Covid-19, Bupati Keerom Siap Kawal Hingga Akhir

Bams

25 Persen ASN Papua Terpapar Corona

Bams

Peserta Peresmian Venue PON Wajib Miliki Kartu Bebas Covid-19

Bams

Wagub : Tak Taat Protokol Kesehatan, Calon Kepala Daerah Didiskualifikasi Saja

Bams

Bupati se Papua Diminta Terbitkan Perbup Disiplin Protokol Kesehatan

Bams

Pegawai Terpapar Corona, Kantor Bappeda Papua Ditutup

Bams

Kemenkes Turunkan Tim, Pantau penanganan Corona di Papua

Bams

PMI Papua Terus Berupaya Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Bams

Polres Waropen Akan Lebih Pertekat Protkes

Afrans