Pasific Pos.com
Info Papua

DPLH Papua Gelar Forum SKPD Di Batam

BATAM,- Permasalahan Lingkungan yang terjadi di Provinsi Papua membuat kita prihatin dan perlu waspada, mengingat masalah lingkungan hidup tidak akan pernah berakhir dan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Masalah bencana alam gempa bumi, banjir, longsor, kebakaran hutan, kekeringan, kelaparan, perubahan iklim yang sangat ekstrim, semuanya menjadi hal penting yang tidak bisa kita tunda penanganannya. Sebab akan menimbulkan resiko yang semakin berat dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Demikian penegasan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua, Drs. Elia Loupatty, MM, pada Kegiatan Forum SKPD Lingkungan Hidup se Provinsi Papua, Selasa (6/3/2018).

Loupatty mengatakan, berdasarkan undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 pasal 56 bahwa, setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat sebagai bagian dari hak asasi manusia. Selain itu, kita juga wajib memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup yang setiap saat dapat kita lakukan dengan saling memberikan informasi terkait perlindugan dan pengelolaan lingkungan hidup secara benar, akurat, terbuka dan tepat waktu.

Sebagai aparatur sipil negara instansi lingkungan hidup sudah tentu mempunyai beban tugas dan tanggungjawab yang besar untuk mengurus berbagai masalah lingkungan hidup baik di wilayah kerja masing-masing maupun lintas sektor.

Loupatty mengharapkan kiranya kegiatan Forum SKPD bidang lingkungan hidup dapat menyelesaikan program yang belum sempat kita lakukan dan selesaikan sesuai target RPJMD dalam kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua periode 2013-2018 dengan visi Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera.

Selain itu, kita juga sedang diperhadapkan dengan tanggungjawab mempersiapkan penyelenggaraan PON XX tahun 2020 di Papua yang waktunya sudah sangat singkat dan membutuhkan kerja keras dari semua pihak termasuk urusan lingkungan hidup demi suksesnya PON XX.

Untuk itu, saya minta Dinas Lingkungan Hidup baik di Provinsi maupun Kabupaten/Kota segera mempersiapkan lingkungan hidup dan mendukung suksesnya PON XX dengan mengedepankan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

Program kerja yang disusun agar disingkronkan dan disinergikan antar Provinsi dan Kabupaten/Kota sehingga dapat menjawab permasalahan yang dihadapi dan meningkatkan fungsi kualitas lingkungan hidup di Provinsi Papua.

Loupatty juga minta kepada seluruh peserta untuk selalu tertib dan santun selama berada di Kota Batam.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelola Lingkungan Hidup Provinsi Papua Noak Kapisa yang dihubungi mengatakan, kegiatan Forum SKPD ini berlangsung selama tiga hari di Kota Batam, Provinsi Riau, diikuti 29 Kabupaten/Kota se Papua.

Ia mengatakan, forum ini kita bicarakan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dapat disinergikan secara menyeluruh dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dari masing-masing daerah.

Selain itu, Mengacu pada UU 32/2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, Noak Kapisa menuturkan pengelolaan lingkungan hidup harus menjadi dasar dan sekaligus harus dimuat dalam RPJMD daerah.