Pasific Pos.com
Papua Barat

DPD GSBI Meminta Ketua KPAI Turun ke Manokwari

Manokwari, TP – Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Arist Merdeka Sirait diminta segera datang ke Manokwari, Papua Barat untuk mengawal proses hukum kasus dugaan pemerkosaan dan pembunuhan korban, H. Salsabilla, bocah perempuan berusia 11 tahun di Swapen Perkebunan, Manokwari, Kamis (1/3) lalu.

“Secara pribadi dan organisasi, kami minta Ketua KPAI yang juga pendiri GSBI segera hadir dan mengawal kasus ini, sehingga keluarga korban yang hari ini berduka bisa mendapat keadilan seadil-adilnya,” tandas Ketua DPD Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Provinsi Papua Barat, Yohanes Akwan kepada Tabura Pos di ruang kerjanya, kemarin.

Atas kejadian itu, Akwan atas nama DPD GSBI Provinsi Papua Barat mengutuk tindakan terduga pelaku, Hans alias Andi Koromat.

Menurutnya, negara dan pemerintah harus bisa menjamin keamanan masyarakat sipil di tanah Papua. “Kita semua harus melakukan refleksi bahwa munculnya kasus ini karena negara dan pemerintah gagal melindungi rakyatnya,” ungkap Akwan.

Ia menuturkan, sekarang semua masyarakat Manokwari lagi resah dan ketakutan jika peristiwa itu terulang kembali. Oleh sebab itu, ia berharap pihak kepolisian bisa segera menuntaskan kasus ini dan dilimpahkan ke kejaksaan, lalu ke pengadilan untuk disidangkan.

“Akibat efek pembiaran ini, terjadilah korban. Mari kita berdoa terus, melakukan edukasi dan membangun keamanan diri supaya kejadian ini tidak terulang lagi. Kami DPD GSBI Papua Barat menyampaikan turut berbelasungkawa dan mengutuk tindakan tersebut,” tukasnya. [FSM-R1]