Pasific Pos.com
Headline Info Papua

DPA 2021 Diserahkan, Ini Pesan Wagub Tinal Untuk Para Pengguna Anggaran

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal pada penyerahan DPA setiap OPD di Sasana Karya Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Kamis (11/2/2020).

Jayapura – Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal didampingi Pj Sekda Doren Wakerkwa dan Kepala Badang Kuangan dan Aset Daerah Nus Weya menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tahun Anggaran 2021.

Penyerahan DPA setiap OPD yang digunakan sebagai dasar pelaksanaan pembangunan oleh pengguna anggaran bertempat di Sasana Karya Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Kamis (11/2/2020).

Wagub Klemen Tinal dalam arahannya meminta para Kepala SKPD segera melakukan lelang proyek sesuai program kegiatan yang telah ditetapkan.

“Bagi setiap SKPD untuk jangan terlambat melakukan lelang proyek. Ini sudah kita sampaikan saat siding Paripurna, setelah terima DPA langsung mendorong proses lelang, sehingga pekerjaan tepat waktu,”jelasnya.

Wagub mengatakan, kenapa DPA baru diserahkan, itu karena terjadi peralihan dari Pengenalan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) ke Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) tetepi SIPD tidak bisa berjalan. Kami sudah ke Jogyakarta bertemu tim IT tetap belum bisa, kalau dia tidak jalan, pembangunan juga tidak jalan dan lainnya, sehingga kita pakai Pergub kembali ke SIMDA,” tegasnya.

Wagub menuturkan, secara Nasional sistem SIPD hanya Provinsi Papua yang ikut. Dimana, APBD Papua dibawah ke Mendagri untuk konsultasi dengan sistem yang baru, tapi ternyata negara belum siap dengan sistem SIPD, sehingga kita kembali ke sistem yang lama.

Senada disampaikan, Pj Sekda Papua Doren Wakerkwa menginstruksikan Kepala SKPD di lingkungannya, untuk segera melakukan pelelangan proyek.

Hal demikian bertujuan agar penyerapan anggaran lebih maksimal serta tak ada lagi dana pemerintah daerah yang dikembalikan ke kas negara, karena tak sempat tender.

“Sekarang kembali kepada kepala dinasnya. Maka itu, dengan diserahkannya DPA, segeralah urus lelang secepatnya dan jangan menunda lagi. Sebab ternyata kita tidak bisa menyalahkan Pokja di Biro Layanan Pengadaan Barang dan Jasa. kepala dinas juga punya peranan untuk mempercepat proses pelelangan proyek. Makanya saya harap tahun ini makin baik dan cepat proses lelangnya. Jangan main-main lagi, sebab kita semua ini dimonitor semua pihak,” tutupnya.

Artikel Terkait

Pemprov Papua Operasi Pasar Sepekan Jelang Lebaran

Afrans

Pemprov Papua Diminta Tinjau Kembali Penempatan Para Kepala OPD

Tiara

Sekda Papua Kumpulkan para Asisten dan Kepala OPD

Bams

Pemprov Diminta Harus Lebih Serius Kelola Aset Daerah Yang Bisa Datangkan PAD

Tiara

Bimtek BKD Bahas Penyusunan Evaluasi Jabatan PNS

Bams

Kemenkeu Dorong Pemprov Papua Alokasikan Dana Abadi Pendidikan

Bams

59 Orang Pejabat Fungsional Dilantik dan Dikukuhkan

Bams

Pemprov Papua Salurkan Bantuan ke Intan Jaya

Bams

Dewan TIK Diminta Bekerjasama Membangun Papua

Bams