Pasific Pos.com
Papua Selatan

Dosen Unmus Beri Pelatihan Google Classroom Dan Quizizz

‘Bagi Para Guru SMP YPPK St. Mikael Merauke’

Oleh: Merta Simbolon, S.Pd, M.Pd dan Anderias Henukh, S.Pd, M.Pd (Dosen Jurusan Pendidikan Fisika Pelaksana Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat)

MERAUKE,ARAFURA,-Dosen Universitas Musamus bersama 3 orang mahasiswa mengadakan pelatihan pembelajaran online melalui Google Classroom yang terintegrasi dengan Quizizz di SMP YPPK St. Mikael Merauke melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Musamus. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dalam 3 tahapan sesuai dengan yang telah direncanakan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Musamus. Tahap awal kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2020. Adapun kegiatan awal ini berupa penyampaian teknis kegiatan pelatihan kepada kepala sekolah SMP YPPK St. Mikael Merauke, Sr. Luviska Samosir, S.Pd. Dalam pertemuan ini disepakati jadwal pelaksanaan kegiatan, lokasi pelatihan, serta fasilitas apa saja yang diperlukan.

Tahapan kedua dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2020. Tahap ini merupakan pelaksanaan kegiatan pelatihan kepada guru-guru SMP YPPK St. Mikael. Namun, yang mengikuti kegiatan pelatihan ini bukan hanya guru-guru saja tetapi didampingi oleh Kepala Sekolah. Pelatihan pertama dimulai dengan pengenalan Google Classroom yang meliputi manfaat, fitur-fitur, serta tahapan-tahapan pembuatan Google Classroom. Semua materi telah dirangkum dalam sebuah modul penuntun yang dibagikan kepada tiap peserta pelatihan sehingga memudahkan dalam memahami materinya. Setelah memahami dan mengenal Google Classroom, peserta pelatihan dituntun secara langsung untuk membuat kelas virtual sendiri melalui tiap tahapannya.

Para peserta terlihat serius dan menyampaikan secara langsung kendalanya jika tertinggal dalam tahap pembuatannya. Dosen dibantu oleh 3 orang mahasiswa jurusan pendidikan Fisika, Universitas Musamus sehingga para mahasiswa ini dapat membantu guru-guru yang mengalami kesulitan saat pelatihan. Para guru dilatih tentang pemberian materi, tugas, dan cara berkomunikasi dengan mahasiswa melalui Google Classroom.

Setelah pelatihan Google Classroom selesai dilakukan, selanjutnya para guru diperkenalkan dengan Quizizz sebagai salah satu sarana pemberian ujian online yang menyenangkan bagi siswa. Sama halnya seperti pelatihan Google Classroom, pelatihan ini juga dimulai dengan pengenalan manfaat, fitur, hingga tahap pembuatannya. Guru dan kepala sekolah terlihat antusias membuat akun Quizizz masing-masing dan mulai mencoba membuat quiz sederhana dengan menambahkan musik dan gambar sehingga quiz tersebut menjadi menyenangkan bagi siswa.

Dalam pelatihan ini, peserta tak hanya berperan sebagai guru tetapi juga sebagai siswa agar nantinya para guru juga mampu melatihkan pembelajaran online ini dengan siswa-siswi SMP YPPK St. Mikael Merauke. Tahapan ketiga adalah kegiatan pendampingan yang dilaksanakan pada tanggal 13 November 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para guru yang masih mengalami kesulitan saat menerapkan Google Classroom dan Quizizz dalam pembelajarannya. Pendampingan ini diharapkan dapat membantu para guru yang menemukan masalah atau yang masih kurang memahami penggunaan fasilitas pembelajaran online ini.

Melalui kegiatan pelatihan pembelajaran online ini, diharapkan terjadi peningkatan literasi teknologi bagi guru maupun siswa hingga nantinya pembelajaran dapat terus berlangsung jika pembelajaran tatap muka tidak dapat dilaksanakan. Pendidikan merupakan kunci kemajuan suatu bangsa sehingga pendidikan di Merauke, Papua harus terus ditingkatkan agar anak-anak Papua dapat meraih harapan dan impiannya.

Artikel Terkait

UKMI Al Kamil Unmus Gelar Pelatihan Menulis Opini

Arafura News

Pengembangan Desa Mitra Di Kampung Wasur

Arafura News

Tim Dosen Unmus Hibahkan Alat Peraga Fisika Karya Mahasiswa

Arafura News

Kegiatan KKN 2020, Mahasiswa Unmus Gelar Taman Belajar Bagi Anak – Anak

Arafura News

UKM Racana Unmus Galang Dana Untuk Luwu Utara Dan Sorong

Arafura News

Mahasiswa Unmus Tunjukkan Kepedulian Lewat KKN Covid 19

Arafura News

Kepedulian Pramuka Racana Unmus Saat Pandemi

Arafura News

Unmus Gelar Lomba Fisika Secara Online

Arafura News

Menikmati Masa Libur 14 Hari, ‘Dua Mahasiswi Unmus Ini Berbagi Cerita’

Arafura News